Daftar 10 Caleg Dengan Suara Tertinggi, Said Abdulah Kalahkan Puan

Calon Legislatif pemilu 2024 dari PDIP, Szaid Abdullah. (gemapos/DPR RI)
Calon Legislatif pemilu 2024 dari PDIP, Szaid Abdullah. (gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi meliputi Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI dan Pemilu Anggota DPD RI pada pukul 19.09 WIB.

"Rekapitulasi pilpres serta pemilu anggota DPR dan DPD dari 38 provinsi sudah dilaksanakan. Tentu saja kami menyadari dan mengetahui bersama ada dinamika, ada catatan kejadian khusus, ada catatan keberatan," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Berdasarkan data KPU, untuk pemilihan Anggota DPR RI, Said Abdullah dari PDIP menjadi caleg dengan suara tertinggi secara nasional pada Pemilu 2024 dengan total 528.815 suara. Said Abdullah menguasai suara di dapil Jawa Timur XI, yang mencakup wilayah Pulau Madura. Said  sendiri telah menjadi anggota DPR RI sejak 2004 dan saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Posisi ke-2 di tempati oleh Dedi Mulyadi yang merupakan mantan Bupati Purwakarta dari Partai Gerindra. Posisi ke-3 yaitu Achmad Baidowi yang merupakan incumbent dan sudah menjadi Anggota DPR dari Dapil Jatim XI selama dua periode.

Kendati memperoleh suara sebanyak 359.189 dan menempati urutan ke-3 nasional, Baidowi kemungkinan besar tidak lolos ke Senayan karena partainya yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak memenuhi ambang batas parliamentary threshold sebesar 4%.

Perolehan suara jumbo selanjutnya yaitu Eddhie Baskoro, Putra bungsu dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, kembali menorehkan prestasi dengan meraih perolehan suara tertinggi di Indonesia.

Sementara itu, Hillary Brigitta Lasut, yang bergabung di Partai Demokrat, berhasil meraih suara terbanyak pada dapil Sulawesi Utara. Pada periode sebelumnya, ia telah mencuri perhatian publik karena menjadi anggota DPR RI termuda pada usia 22 tahun dari Partai Nasdem.

Selanjutnya, terdapat nama Airin Rachmi Diany yang merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan dari dapil Banten III mewakili Partai Golkar. Terdapat juga nama mantan anak presiden yaitu Puan Maharini, anak dari Presiden Megawati Soekarnoputri dan maju lewat PDIP.

Selanjutnya ada I Nyoman Parta yang juga memperoleh suara jumbo disokong PDIP dari dapil Bali. Dirinya merupakan anggota DPR RI yang dikenal tegas dan kerap kali meluapkan kritiknya. Kemudian ada Fauzi Amro yang merupakan Caleg dengan perolehan suara tertinggi di dapil Sumsel I.

Peroleh suara jumbo selanjutnya yaitu Sofyan Tan yang pernah menjadi calon Wali Kota Medan pada Pilkada 2010. 

Berikut Rincian lengkapnya:

1. Said Abdullah (PDIP), 528.818 suara di Dapil Jatim XI

2. Dedi Mulyadi (Gerindra), 375.189 suara di Dapil Jabar VII

3. Achmad Baidowi (PPP), 359.685 suara di Dapil Jatim XI

4. Edhie baskoro Yudhoyono (Demokrat) 318.223 suara di Dapil Jatim VII

5. Hillary Brigitta Lasut (Demokrat), 310.780 suara di Dapil Sulut

6. Airin Rachmi (Golkar), 302.878 suara di Dapil Banten

7. Puan Maharani (PDIP), 297.366 suara di Dapil Jateng V

8. I Nyoman Parta (PDIP), 281.688 suara di Dapil Bali

9. Fauzi Amro (Nasdem), 281.449 suara di Dapil Sumsel I

10. Sofyan Tan (PDIP), 279.334 suara di Dapil Sumut I (ns)