Mau Budidaya Rumput Odot? Penting Untuk Tahu Jarak Tanam yang Ideal Lho!

Ilustrasi- Rumput Odot (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Rumput Odot (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Rumput Odot adalah tanaman serbaguna yang dapat ditanam untuk berbagai keperluan, mulai dari penutup tanah hingga pakan ternak. Budidaya rumput odot relatif mudah dilakukan dan cocok untuk berbagai kondisi tanah.  Budidaya rumput odot adalah pilihan yang baik untuk memanfaatkan lahan yang kosong dan memberikan manfaat bagi keberlanjutan pertanian atau peternakan Anda.

Dengan langkah-langkah yang tepat dan perawatan yang baik, Anda dapat berhasil menumbuhkan rumput odot yang sehat dan subur.

Jika Anda ingin membudidayakan rumput odot, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan loh! salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jarak tanam rumput odot. Dengan jarak tanam yang ideal, akan membantu rumput tumbuh dan berkembang dengan cepat. Selain itu, hasilnya juga akan lebih banyak.

Sebagai informasi, Rumput yang dikenal sebagai mott elephant grass ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan rumput gajah pada umumnya. Salah satu kelebihan dari rumput odot adalah pertumbuhan kembali yang lebih cepat.

Tak hanya itu, rumput jenis ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi, batang yang lunak, dan daun yang lebat. Rumput odot juga mudah tumbuh dan beradaptasi di berbagai jenis tanah dan iklim.

Meksi demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya rumput odot, salah satunya adalah jarak tanam rumput odot harus ideal.

Adapun yang dimaksud jarak tanam rumput odot adalah jarak antara bibit rumput yang ditanam di lahan. Jarak tanam ini memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan produktivitas rumput odot. Tahukah Anda? jika jarak tanam terlalu rapat, rumput akan bersaing memperebutkan nutrisi, air, dan cahaya. Akibatnya, rumput akan tumbuh kurus, pendek, dan tidak subur.

Namun sebaliknya, jika jarak tanam terlalu renggang, lahan akan terlalu terbuka dan mudah ditumbuhi gulma. Selain itu, rumput juga akan tumbuh terlalu lebar dan tidak rapi. Secara umum, jarak tanam rumput odot yang ideal adalah sebagai berikut:

  1. Jarak tanam antara baris: 75-100 cm
  2. Jarak tanam dalam baris: 40-70 cm
  3. Jumlah bibit per lubang: 2-3 ruas batang

Jika jarak tanam rumput odot ideal seperti di atas, maka rumput akan mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, rumput juga akan lebih mudah dirawat dan dipanen.(ri)