Purwanto: "Kaesang Effect" Tingkatkan Suara PSI di Daerah

Ketua Umum Partai solidaritas Indonesia (PSI, Kaesang Pangarep bersama Grace Natalie. (gemapos/psi.id)
Ketua Umum Partai solidaritas Indonesia (PSI, Kaesang Pangarep bersama Grace Natalie. (gemapos/psi.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami peningkatan berdasarkan hasil hitung sementara rekapitulasi atau Sirekap. Ketua DPW PSI Papua Barat, Purwanto, mengatakan kenaikan tersebut karena pengaruh sang ketua umum Kaesang Pangarep atau "Kaesang effect" dan meningkatkan perolehan suara di daerah.

Di Papua Barat sendiri perolehan suara itu mampu membawa PSI mendapatkan tujuh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Ada 'Kaesang effect' di sini, tapi terutama semangat para caleg dan kepemimpinan PSI di daerah," kata dia dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Menurut Purwanto sosok putra bungsu Presiden Joko Widodo itu menjadi magnet sendiri bagi masyarakat dan para calon legislatif serta kader PSI.

Pengaruh Kaesang dinilai dapat meningkatkan semangat para kader untuk berkampanye. Begitu pun masyarakat juga yang akhirnya mau memberikan suaranya untuk PSI karena sosok Kaesang.

Kondisi itu, lanjut Purwanto sangat berbanding terbalik jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. Saat itu PSI yang tidak mendapatkan kursi DPRD karena perolehan suara tidak cukup.

Kini dengan perolehan suara dari hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSI berpotensi mendapatkan tujuh kursi.

"2019 kita 0 kursi DPRD. Sekarang kita potensi dapat tujuh kursi kabupaten dan bahkan provinsi," jelasnya.

Purwanto mengemukakan, tujuh kursi tersebut tersebar di Kaimana, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, Manokwari, Teluk Bintuni dan Fak Fak. Purwanto pun memastikan akan mengerahkan kader-nya untuk mengawasi perolehan suara tersebut. (ns)