Bawaslu Jakarta Bakal Patroli Politik Uang di Malam Jelang Pemungutan Suara

Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Burhanuddin usai Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang: Patroli Pengawasan Politik Uang Pemilu Tahun 2024 di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Minggu (11/2/2024). (foto:gemapos)
Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Burhanuddin usai Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang: Patroli Pengawasan Politik Uang Pemilu Tahun 2024 di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Minggu (11/2/2024). (foto:gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Burhanuddin menyebut pihaknya bakal melakukan patroli pada malam jelang pemungutan suara pemilu 2024 guna mengantisipasi adanya praktik politik uang di ibu kota.

Hal tersebut ia sampaikan kepada gemapos.id usai Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang: Patroli Pengawasan Politik Uang Pemilu Tahun 2024 di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Minggu (11/2/2024).

“Nanti kami akan patroli ke seluruh Jakarta untuk mencegah adanya politik uang pada tanggal 13 Februari malam, sampai subuh tanggal 14 Februari, jelang pencoblosan,” kata Burhanuddin.

Ia menyebut, meski patroli pengawasan pelanggaran pemilu telah digelar, namun malam hari hingga menjelang pencoblosan adalah waktu paling rawan terjadi politik uang.

“Karena waktu-waktu jelang pemungutan suara biasanya yang paling rawan. Malam sampai sumbuh itu,” ujarnya.

Selain dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu dan stakeholder terkait, rencananya patroli itu menurut Burhanuddin juga akan mengajak awak media.

“Nanti kita ajak juga teman-teman media. Supaya turut juga membantu mengawasi,” ujarnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu DKI Jakarta itu menegaskan jika pihaknya tidak segan-segan menindak pelaku politik uang bila ditemukan.

“Kalau ada temuan nanti bakal kita tindak. Dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu sudah diatur untuk hukuman bagi pelaku politik uang,” tegasnya.

Di DKI Jakarta sendiri, menurut Burhanuddin selama tahapan pemilu 2024 belum ditemukan adanya pelanggaran terkait politik uang. Baik untuk pilpres maupun pileg.

“Sampai saat ini belum ada. Kita selalu ingatkan teman-teman parpol dan caleg terkait masalah politik uang ini sebelumnya,” ujarnya.

Diketahui, Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang: Patroli Pengawasan Politik Uang Pemilu Tahun 2024 diikuti oleh sekitar 800 pengawas, dari tingkat Bawaslu Provinsi hingga pengawas tingkat Kelurahan se-DKI Jakarta.

Apel ditutup dengan pelepasan secara simbolis patroli Politik Uang di masa tenang pemilu 2024 oleh Bawaslu DKI Jakarta. (rk)