Dukung F1 Powerboat 2024, PLN Akan Pasok Listrik Ramah Lingkungan

Petugas PT PLN (Persero) memeriksa kesiapan sistem kelistrikan yang akan memasok ke lokasi utama gelaran kejuaraan dunia balap perahu supercepat F1 Powerboat 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (foto; gemapos/antara)
Petugas PT PLN (Persero) memeriksa kesiapan sistem kelistrikan yang akan memasok ke lokasi utama gelaran kejuaraan dunia balap perahu supercepat F1 Powerboat 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (foto; gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Pada perhelatan kejuaraan dunia balap perahu supercepat F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba, PT PLN (Persero) akan memasok kebutuhan listrik dengan sumber ramah lingkungan.

Sebagai informasi, perhelatan F1H20 akan berlangsung pada 2-3 Maret 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/2). Ia mengatakan PLN berkomitmen penuh mendukung seluruh ajang internasional yang digelar di Indonesia.

Selain itu, kata Darmawan, PLN memastikan keandalan pasokan listrik mulai di lokasi gelaran acara sampai dengan fasilitas pendukung.

"Ajang-ajang internasional menjadi wajah Indonesia di mata dunia. Untuk itu, kami siap mengamankan kelistrikan di lokasi gelaran F1 Powerboat, termasuk lokasi fasilitas pendukungnya," kata dia.

Sama dengan tahun sebelumnya, sambungnya, listrik untuk gelaran tersebut akan dipasok dari pembangkit energi baru terbarukan (EBT) yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Hutaraja kapasitas 2x2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2x5 MW.

"Kesuksesan pelaksanaan F1 Powerboat tahun lalu menjadi bekal kami untuk menyukseskan F1 Powerboat 2024 ini dengan memastikan persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik," ujar Darmawan.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Saleh Siswanto memastikan infrastruktur kelistrikan untuk ajang F1 Powerboat 2024 telah siap, mulai di lokasi utama, penginapan yang akan dipergunakan pembalap, dan para pengunjung hingga berbagai lokasi strategis lainnya.

Adapun PLN telah memastikan jalur-jalur distribusi listrik yang akan memasok acara tersebut dalam kondisi prima dan juga akan melaksanakan apel siaga dan simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi kegiatan.

Saleh mengatakan bahwa hal itu bertujuan untuk memastikan seluruh persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik.

"PLN akan menerapkan pengamanan berlapis selama pergelaran acara tersebut berlangsung dan apel siaga sekaligus memastikan seluruh persiapan dan sistem pengamanan kelistrikan berjalan dengan baik pada minggu ketiga bulan Februari 2024," ujarnya.(pu)