Gelar Diskusi, KPRD: Pemilu Harus Kedepankan Gagasan Tuntaskan Masalah Rakyat

Diskusi publik KRPD di Hotel Horison Nindya, Semarang, Minggu (4/2/2024). (Foto:gemapos)
Diskusi publik KRPD di Hotel Horison Nindya, Semarang, Minggu (4/2/2024). (Foto:gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Koalisi Rakyat untuk Pemilu Damai (KRPD) menggelar diskusi publik bertema "Pemilu 2024, Agenda Keberlanjutan Pembangunan Nasional di Ballroom Hotel Horison Nindya Semarang pada Minggu (04/02/2024)

Diskusi ini menghadirkan Pakar Politik Universitas Diponegoro Semarang Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin & Mantan Ketua Komisioner Informasi Publik Jawa Tengah Drs. Sosiawan, M.H.

Ketua Umum KRPD Claudion Kanigia Sare mengatakan bahwa pemilu 2024 harus mengedepankan politik gagasan yang bersandar pada problematika rakyat. 

"Masih banyak persoalan yang dialami oleh rakyat seperti pengangguran, kemiskinan, ketimpangan. Mestinya itu yang menjadi perdebatan utama para kontestan pemilu 2024," Kata Dion.

Teguh Yuwono mengatakan Kita telah memilih demokrasi sebagai warisan luhur nenek moyong.

"Pendahulu kita telah memilih demokrasi saat mendirikan negara ini. Dalam demokrasi partai politik harus memberikan pendidikan politik bagi rakyat agar menjadi pemilih cerdas dan memilih berdasarkan kebijakan yang berorientasi kemakmuran & kesejahteraan," kata Teguh

Lebih lanjut ia sepakat dengan pemilu damai agar NKRI tetap utuh dengan syarat pemilu harus berintegritas & berkualitas.

"Pemilu harus berjalan damai dengan syarat penyelenggara harus independen, imparsial serta profesional. ASN juga harus netral agar memberikan pelayanan yang adil," Ucap Teguh.

Selain itu, Sosiawan menyarankan agar media menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan pemilu yang damai. 

"Peran media sangat penting dalam penyelenggaraan pemilu. Media memiliki kekuatan besar dalam membentuk opini publik. Media harus memberikan pencerahan & jalan keluar. Media tidak boleh menjadi partisan yang berpotensi membahayakan polarisasi & integrasi bangsa" Tutup Sosiawan. (ns)