Pertamina Pertahankan Peringkat BBB dengan Prospek Stabil

Ilustrasi-logo pertamina. (foto:gemapos/pertamina)
Ilustrasi-logo pertamina. (foto:gemapos/pertamina)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pertamina berhasil mempertahankan peringkat Investment Grade atau BBB dengan outlook Stabil dari Lembaga Pemeringkat Dunia, Fitch Ratings.

Berdasarkan publikasi yang dirilis Fitch pada 31 Januari 2024, Lembaga Pemeringkat Dunia ini telah mengafirmasi Peringkat Long-Term Foreign-Currency Issuer Default Rating Pertamina.

Sejalan dengan stabilitas keuangan Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia yang menjalankan bisnis berkelanjutan.

Pertamina juga konsisten dalam menjaga EBITDA yang kuat, dan inisiatif CAPEX yang signifikan.

Vice President Investor Relations Pertamina Juferson Mangempis mengungkapkan, hasil peringkat ini tidak terlepas dari upaya transparansi dan peningkatan kualitas pemenuhan informasi yang dilakukan perusahaan.

Baik ke lembaga rating dan kalangan investor.

"Peringkat BBB dengan prospek stabil ini tentunya akan membantu menjaga tingkat kepercayaan investor, sehingga Pertamina akan terus dapat mengembangkan bisnis energi masa depan yang berkelanjutan,” ujar Juferson dikutip dalam siaran resmi BUMN, Sabtu (3/2/2024).

Sementara itu, Vice President Corporate Comunication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, keberhasilan Pertamina menjaga stabilitas keuangan dan bisnisnya juga karena dukungan pemerintah.

Baik dalam regulasi yang mendukung kinerja perusahaan, dukungan dalam proyek strategis nasional maupun penerimaan dana kompensasi energi yang tepat waktu.

“Pertamina dan Pemerintah memiliki hubungan yang kuat. Pertamina merupakan bagian penting Pemerintah yang berperan dalam menyediakan menjaga ketahanan energi nasional serta sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Fadjar. 

Pertamina, imbuh Fadjar, akan terus mengembangkan bisnisnya untuk mendukung target pemerintah mencapai target NZE 2060.
Pertamina akan terus menjaga ketahanan energi nasional dan pada saat yang sama melakukan inovasi melakukan dekarbonisasi dan menjalankan transisi energi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060.

Yakni dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (rk)