KAI Amankan Ratusan Barang Pengguna Yang Tertinggal di LRT Jabodetabek

Ilustrasi - LRT komitmen berikan layanan terbaik bagi penumpannya, termasuk tentang barang penumpang tertinggal. (gemapos/LRT Jakarta)
Ilustrasi - LRT komitmen berikan layanan terbaik bagi penumpannya, termasuk tentang barang penumpang tertinggal. (gemapos/LRT Jakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - LRT Jabodebek tegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya. Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menyampaikan pihaknya telah menyiapkan petugas yang siap untuk mengamankan dan memastikan barang penumpang tertinggal dapat dikembalikan kepada pemiliknya.

Meskipun LRT Jabodebek mengambil langkah proaktif untuk mengatasi masalah ini, peran pengguna sangatlah penting. Pengguna diimbau untuk bertanggung jawab atas barang bawaannya dan tetap waspada selama perjalanan.

"LRT Jabodebek mengimbau pengguna untuk waspada terhadap barang bawaannya dan memeriksa ulang sebelum turun dari rangkaian LRT Jabodebek atau meninggalkan lokasi stasiun," ungkap Mahendro dalam keterangan tertulis, jumat (26/1/2024).

Diketahui bahwa sejak beroperasi, LRT Jabodebek telah mengidentifikasi dan mendokumentasikan sebanyak 997 kejadian pengguna yang secara tidak sengaja meninggalkan barang­barang pribadinya baik di atas rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun. Kasus­kasus temuan dan laporan yang tercatat mencakup berbagai macam barang yang tertinggal seperti tas, perangkat elektronik, uang tunai serta uang elektronik, hingga aksesoris pribadi.

 

Petugas LRT Jabodebek secara berkala melakukan pemeriksaan pada area-area rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun untuk memastikan tidak ada barang pengguna yang tertinggal.

Selain itu petugas di rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun juga mengingatkan kepada pengguna untuk menjaga barang bawaanya agar tidak tertinggal maupun berpindah tangan kepada orang lain.

Pada rangkaian dan stasiun LRT Jabodebek telah dilengkapi oleh CCTV sehingga dapat merekam dan melakukan pemantauan komprehensif dan respon cepat terhadap setiap kejadian.

Bagi para pengguna yang kehilangan atau tertinggal barang di atas rangkaian LRT Jabodebek atau di stasiun, dapat melaporkan kepada petugas yang ada di rangkaian, maupun di stasiun. Sedangkan untuk pengguna yang sudah tidak berada di dalam rangkaian maupun area stasiun, dapat melaporkan melalui Contact Center KAI pada nomor telepon 121, email layanan pelanggan [email protected], atau media sosial KAI121.(kt)