Personel Gabungan Amankan Kampanye Capres 02 di Kalbar

Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Kapuas 2024 Kapolda Kalbar dalam kegiatan pengamanan kampanye Capres nomor urut 2 di Pontianak, Sabtu (20/1/2024). (foto: gemapos/Polri)
Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Kapuas 2024 Kapolda Kalbar dalam kegiatan pengamanan kampanye Capres nomor urut 2 di Pontianak, Sabtu (20/1/2024). (foto: gemapos/Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Kapuas 2024 Kepolisian Daerah Kalimantan Barat lakukan pengamanan terhadap seluruh rangkaian kampanye calon presiden (capres) nomor urut 2 di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (20 Januari 2024).

Diketahui bahwa pengamanan terhadap rangkaian kegiatan kampanye capres no urut 2 ini dilakukan oleh personel gabungan Satgas OMB Kapuas dari Polda Kalbar, Polresta Pontianak dan Polres Kubu Raya.

“Personel gabungan tersebut bertugas untuk menjaga dan memelihara ketertiban dan keamanan, serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sehingga sitkamtibmas di masyarakat tetap aman dan kondusif. Mereka juga bertugas untuk memberikan pengamanan kepada para pendukung capres,” ujar Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya.

Personel gabungan tersebut ditempatkan di berbagai titik yang akan dilalui oleh rombongan capres yakni di sekitar lokasi kampanye, mulai dari penjemputan dan pengawalan dari Bandara Supadio, pengawalan menuju kluwi cafe di kota Pontianak, penjagaan di lokosi dan jalan raya sekitaran Kluwi café.

Selanjutnya, pergeseran pengawalan menuju lokasi kampanye di qubu resort, pengaturan lalu lintas disekitaran area kubu resort serta penjagaan dan pengamanan dilokasi acara kampanye dan dilakhiri dengan kegiatan pengawalan kembali menuju Bandara Supadio.

Dalam pengamanan tersebut, Polda Kalbar menerjunkan Seluruh Satgas OMB mulai dari Satgas Preventif, Preemtif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Satgas Humas Hingga Satgas Bantuan operasi.

Kampanye Capres no urut 2 di 2 lokasi (kluwi cafe dn ‘Qubu Resort) dihadiri oleh ribuan pendukungnya yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Barat, sehingga pengamanan harus dilakukan secara maksimal.

Semua rangkaian kampanye dari Capres no urut 2 di kluwi cafe kota Pontianak dan di Qubu Resort Kabupaten Kubu Raya ini dapat dilaksanakan dengan baik, semua tahapan acara bisa berlangsung dengan lancar dan aman serta situasi Kamtibmas tetap terpelihara kondusif,” tutup Kabid Humas. (kt)