Ratusan Prajurit Yonif 501 Kostard Dikerahkan Hijaukan Gunung Lawu

Prajurit Yonif 501 Kostrad  dalam rangka memperingati hari juang Kartika TNI AD yang ke 78 dikerahkan ke Gunung Lawu  dengan melaksanakan penghijauan. (gemapos/Puspen TNI)
Prajurit Yonif 501 Kostrad dalam rangka memperingati hari juang Kartika TNI AD yang ke 78 dikerahkan ke Gunung Lawu dengan melaksanakan penghijauan. (gemapos/Puspen TNI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dalam rangka memperingati hari juang Kartika TNI AD ke-78, ratusan Prajurit Yonif 501 Kostrad dikerahkan ke lereng Gunung Lawu untuk laksanakan penghijauan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Haryanto, S.I.P., M.T.r (Han), Dandim 0804 Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P., dan Danyonif 501/BY Mayor Inf Yakhya Wisnu Arianto, S.Sos., M.Han.

Gulaku Gulamu, Gunung Lawuku, Gunung Lawumu" kata-kata yang terucap oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Haryanto, S.I.P., M.T.r (Han) saat melaksanakan penanaman bibit pohon di lereng Gunung Lawu, dikutip dari laman resmi TNI, Rabu (20/12/2023).

Diketahui bahwa sebanyak 300 personel Yonif 501 Kostrad beserta aparat kepolisian, BPBD, perangkat desa dan puluhan masyarakat desa Ngiliran, Kecematan Panekan, Kabupaten Magetan untuk melakukan kegiatan penanaman bibit pohon di lereng Gunung Lawu.

Terdapat 3.000 bibit pohon yang akan di tanam. Bibit tersebut terdiri dari pohon jati, mahoni, trembesi, beringin dan alpukat. Hal ini dilakukan sebagai upaya penghijauan lereng Gunung Lawu yang sempat terbakar beberapa waktu lalu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai informasi penanaman ribuan bibit pohon ini merupakan program penghijauan dari KASAD sebagai wujud kepedulian lingkungan untuk anak cucu dan generasi penerus Bangsa.

Tak lupa dia juga berpesan kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap tanaman yang sudah ditanam. Agar kemudian dirawat bersama karena tanaman tersebut dikemudian hari akan banyak memberikan manfaat untuk masyarakat dan generasi anak cucu kita nanti. (kt)