Kampanye Perdana, Mahfud MD Disambut Antusias Masyarakat Sabang

Warga Sabang antusias sambut Mahfud MD pada kampanye hari pertama capres-cawapres 2024, Selasa (28/11/2023). (Foto: gemapos/gesuri/Riana Rizkia)
Warga Sabang antusias sambut Mahfud MD pada kampanye hari pertama capres-cawapres 2024, Selasa (28/11/2023). (Foto: gemapos/gesuri/Riana Rizkia)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ratusan warga tampak antusias menyambut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD . Mereka berkumpul sejak pagi hari sebelum pasangan Ganjar Pranowo itu tiba di Taman Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023).

Sebagai informasi, cawapres Mahfud MD akan melakukan kampanye hari pertama di Sabang, sedangkan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Merauke.

Sejak pukul 8.30 WIB, terpantau masyarakat sudah berkumpul di lokasi kampanye. Tidak sedikit dari mereka datang bersama keluarga.

Meskipun sejak pagi Desa Jaboi diguyur hujan, hal itu tidak mengurungkan niat dan semangat para pendukung untuk bertemu cawapres itu.

Mereka sangat bergembira menyambut cawapres Mahfud MD di tengah rintik hujan. Sambil berbaris rapi, warga Jaboi memperlihatkan raut wajah suka cita, dan memberikan senyum hangatnya.

Nantinya, Mahfud MD akan disambut dengan Upacara Peusijuek yang merupakan upacara tradisional simbolik dari permohonan keselamatan, ketentraman, kebahagiaan, perestuan dan saling memaafkan.

Setelah itu, Mahfud MD dipersilahkan duduk dan disambut dengan Tarian Ranup Lampuan yang merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian tersebut merupakan tarian penyambutan yang biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat.

Tari ini sering ditampilkan untuk menyambut para tamu terhormat maupun disuguhkan dalam acara penyambutan adat lain. (pu)