Jelang Libur Nataru, Kemenparekraf Siapkan Langkah Mitigasi Musim Hujan

Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Senin (27/11/2023) mengatakan Kemenparekraf menyiapkan langkah mitigasi dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. (foto: gemapos/ kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Senin (27/11/2023) mengatakan Kemenparekraf menyiapkan langkah mitigasi dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. (foto: gemapos/ kemenparekraf)

Gemapos.ID (Jakarta)- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan langkah mitigasi dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 yang diperkirakan akan berlangsung di tengah musim penghujan. Itu dilakukan supaya masyarakat dapat berwisata dengan aman dan nyaman.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Jakarta, Senin (27/11/).

Menparekraf mengungkapkan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi prosedur dan evaluasi kondisi destinasi wisata serta sentra ekonomi kreatif.

Melalui Tim Manajemen Krisis, Kemenparekraf  juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait dan pengelola pariwisata terkait antisipasi terhadap perubahan cuaca yang cepat dan dinamis. Serta SOP manajemen krisis kepariwisataan agar seluruh pihak dapat mempersiapkan diri akan potensi bencana alam dan lingkungan baik banjir, longsor, dan lain sebagainya.

“Terutama di destinasi-destinasi harus menyediakan keselamatan tambahan untuk wisata air seperti pelampung atau alat penyelamat, dan juga peta yang jelas kepada para pengunjung untuk rute evakuasi,” kata Sandiaga.

Selain itu, Kemenparekraf juga akan menerbitkan surat edaran dan imbauan bagi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota agar mengutamakan keamanan dan keselamatan masyarakat ketika berwisata yang mengacu kepada SNI CHSE (Standar Nasional Indonesia Cleanliness, Healthy, Safety, Enviroment).

“Kita akan memastikan bahwa destinasi yang akan dikunjungi melakukan pengecekan prosedur, pengecekan infrastruktur, memastikan bahwa aman, nyaman dan menyenangkan dalam bingkai CHSE bisa kita hadirkan untuk para wisatawan,” kata Sandiaga.

Sementara itu, pada momentum libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Sandiaga memprediksi akan ada sekitar 200 juta pergerakan wisatawan nusantara. Wisatawan mancanegara juga diproyeksi naik secara signifikan.(ra)