Mendag Zulkifli Ajak Pengusaha AS Investasi di IKN

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam acara Forum Bisnis Indonesia-AS di New York dengan tema "Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN,". (Gemapos/Kemendag)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam acara Forum Bisnis Indonesia-AS di New York dengan tema "Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN,". (Gemapos/Kemendag)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak pengusaha AS untuk melakukan investasil di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri Forum Bisnis Indonesia-AS dengan tema “Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN” di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York,  AS, Senin  (20/11/2023). 

Dalam acara tersebut Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya investasi swasta dalam sektor seperti infrastruktur transportasi dan logistik untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara yang merupakan proyek yang cukup besar.

“Pembangunan IKN ini merupakan proyek besar yang membutuhkan investasi dan kolaborasi antar berbagai pihak. Investasi swasta sangat terbuka lebar di berbagai sektor, termasuk sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur transportasi dan logistik”, ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023),

Mendag   Zulkifli   Hasan  meyakinkan   para   investor   agar  tidak   ragu  dalam   menjajaki   peluang perdagangan  dan  investasi  di  Indonesia  sebab  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  tetap  kuat  di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu.

Dirinya menjelaskan bahwa pada triwulan III 2023 ekonomi Indonesia tumbuh 4,94 persen secara tahunan (YoY) dengan inflasi tetap terjaga 2,28 persen pada September 2023.

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan terima kasih atas antusiasme yang positif dari pelaku usaha dalam  forum  ini  dan  berharap  semakin  banyak  kerja  sama  Indonesia-AS  yang  akan  terjalin.  Hal tersebut  sejalan  dengan  hasil  pertemuan  Presiden  Joko  Widodo  dan  Presiden  AS  Joe  Biden  yang telah  berkomitmen  meningkatkan  status  kerja  sama  kedua  negara  dari Strategic  Partnership ke Comprehensive Strategic Partnership(CSP).

Lebih lanjut, investasi yang hadir di IKN juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi semua orang, termasuk UMKM Indonesia.

“Kementerian Perdagangan juga akan bekerja secara berkesinambungan bersama Otorita IKN dan seluruh  instansi  terkait,  dalam  menciptakan  Ibu  Kota  Negara  Nusantara  yangberasaskan  pada pemerataan ekonomi,dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektorperdagangan yanglebih kuat dan transformatif”, tegas Mendag Zulkifli Hasan. (ns)