Presiden Jokowi Tanggapi Kenaikan Harga Telur Ayam, Ini Pernyataannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi harga telur ayam yang sedang melonjak di pasaran, bakal turun dalam dua pekan ke depan.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi harga telur ayam yang sedang melonjak di pasaran, bakal turun dalam dua pekan ke depan.

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi harga telur ayam yang sedang melonjak di pasaran, bakal turun dalam dua pekan ke depan.

"Ya, ini kan pertama karena memang pakan ternak yang naik, yang kedua, ini fluktuasi biasa. Nanti, dua minggu ini insya Allah akan turun," katanya pada Minggu (28/8/2022). 

Fluktuasi harga telur ayam tidak lepas dari kenaikan harga pakan ternak, tetapi kondisinya akan berangsur normal pada dua pekan ke depan.

"Harga relatif stabil, hanya satu (yang tidak stabil) di telur," kata

Berdasarkan laman sistem pemantauan harga pasar dan kebutuhan pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) menunjukkan harga telur ayam secara nasional rata-rata Rp31.300 per kilogram (kg) per Jumat (26/8/2022). 

Harga itu naik dibandingkan rata-rata harga Rp29.300 per kg untuk telur ayam pada 26 Juli 2022.

Harga telur ayam terendah di Provinsi Jambi sebesar Rp27.300 per kg, sedangkan tertinggi sebesar Rp39.689 per kg di Provinsi Papua pada Jumat (26/8/2022). 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) juga menyebut pencairan bantuan sosial (bansos) yang digabung per tiga bulan turut memicu kenaikan harga telur ayam.

Informasi ini diperoleh dari pengusaha telur agar pencairan bansos bisa dilakukan per bulan demi mencegah permintaan tinggi memengaruhi harga di pasaran. (ant/din)