Gempa Berkekuatan 6,6 Di Barat Laut Halmahera, Dirasakan Ternante-Manado

Peta Pusat Gempa M 6,6 di Wilayah Barat Laut Halmahera, Maluku Utara, Rabu (22/11) pukul 09.48 WIB. (gemapos/BMKG)
Peta Pusat Gempa M 6,6 di Wilayah Barat Laut Halmahera, Maluku Utara, Rabu (22/11) pukul 09.48 WIB. (gemapos/BMKG)

Gemapos.ID (Jakarta) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyampaikan gempa bumi berkekuatan magniduto 6,6 terjadi di Wilayah barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (22/11) pukul 09.48 WIB.

Menurut data dari BMKG, Gempa bumi tersebut berpusat di koordinat 1,77 Lintang Utara dan 127,14 bujur timur yakni berlokasi di 68 km barat laut Halmahera dengan kedalaman 109 km.

Diketahui bahwa getaran gempa tersebut juga dirasakan di Ternate hingga Manado, Sulawesi Utara.

BMKG melaporkan bahwa gempa dirasakan dengan skala Intensitras MMI III hingga IV. Skala III-IV artinya siang hari dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar rumah dirasakan oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/ pintu berderik dan dinding berbunyi.

“Dirasakan (MMI) III-IV Manado, III-IV Ternate, IV Siau, III Bitung, III Halmahera Barat,” tulis BMKG dalam akun @infoBMKG.

Gempa bumi kali ini tidak berpotensi terjadi tsunami, namun BMKG tetap menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut tentang dampak yang timbul akibat gempa tersebut, termasuk ada atau tidaknya kerusakan serta informasi mengenai korban jiwa. (kt)