Kembali Raih Penghargaan Ballon d'Or, Messi: 'Lebih Istimewa'

Pemain Inter Miami CF asal Argentina Lionel Messi menerima penghargaan Ballon d'Or kedelapannya pada upacara penghargaan di the Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023). (gemapos/ant)
Pemain Inter Miami CF asal Argentina Lionel Messi menerima penghargaan Ballon d'Or kedelapannya pada upacara penghargaan di the Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023). (gemapos/ant)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Pemain bintang Inter Miami, Lionel Messi kembali meraih penghargaan Ballon d'Or dan menjadi koleksi ke delapan pemain yang dijuluki Lapulga itu. Ia mengatakan raihan penghargaan kali ini menjadi semakin istimewa, karena didapat setelah ia memenangi Piala Dunia 2022 silam.

Pada Senin (30/10) waktu Prancis atau Selasa (31/10) pagi WIB, Messi memenangi penghargaan individual prestisius itu berkat penampilan gemilangnya pada musim lalu, saat ia menginspirasi tim nasional Argentina untuk menjuarai Piala Dunia di Qatar.

"Saat terakhir kali memenanginya (Ballon d'Or) saya juga bersyukur terhadap apa yang kami capai bersama tim nasional Argentina di Piala Amerika (pada 2021), namun yang ini lebih istimewa karena ini didapat setelah kami memenangi Piala Dunia," ucap Messi seperti dikutip AFP.

"Itu adalah trofi yang paling ingin dimenangi semua orang, dan itu merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya, rekan-rekan setim saya, dan negara saya," tambahnya.

Pada penghargaan Ballon d'Or tahun ini penyerang Norwegia Erling Haaland menduduki posisi kedua pada pemilihan suara akhir, sedangkan penyerang Prancis Kylian Mbappe di posisi ketiga.

Messi mencetak tujuh gol pada Piala Dunia dan terpilih sebagai Pemain Terbaik turnamen itu setelah Argentina mengalahkan Prancis lewat adu penalti.

Mantan bintang Barcelona itu tidak mau berandai-andai apakah dirinya akan mampu kembali memenangi Ballon d'Or, terutama setelah Piala Dunia selanjutnya pada 2026, saat ia akan berusia 39 tahun.

"Saya tidak memikirkan mengenai masa depan jangka panjang. Saya hanya menikmati momen hari demi hari," ujar pemain Inter Miami itu.

"Kami memiliki Piala Amerika berikutnya di Amerika Serikat, di mana saya tinggal sekarang, di mana kami merupakan juara bertahan, maka saya tidak sabar untuk tiba dalam kondisi fisik yang bagus dan lihat saja apa yang dapat saya raih di sana," ucapnya.

Messi mengakui bahwa kembalinya ia ke Paris setelah dua tahun bermain di PSG menghadirkan rasa yang berbeda. Terutama karena beberapa hal tidak berlangsung seperti yang dibayangkannya.

"Sejumlah hal tidak berjalan dengan baik, namun saya sangat menikmati kota ini, dan anak-anak saya sangat menyukainya dan merasa berat saat harus pergi."

"Ini adalah kota yang spektakuler dan saya beruntung pernah tinggal di sini. Terkait sepak bola banyak hal yang tidak berlangsung sesuai ekspektasi, namun saya memilih untuk mengenang banyak bagus," pungkas Messi. (ns)