BMKG Ingatkan Masyarakat Sumut Untuk Waspada Potensi Banjir Dampak Hujan Lebat

Ilustrasi: Hujan lebat (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi: Hujan lebat (foto: gemapos/istock)


Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya banjir dampak hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur sebagian wilayah Sumatera Utara.

'Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Lereng Timur, pegunungan, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung di Medan, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di di wilayah Langkat, Kepulauan Nias, Mandailing Natal Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Deli Serdang, Binjai, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah Lereng Timur Sumatera Utara, terutama di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara: 16 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya, 10 – 30 km/jam.(pa)