BMKG: Sebagian Wilayah Sumatera Utara Berpotensi Hujan Lebat

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan lebat yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara pada sore dan malam hari.

"Kepada masyarakat diimbau untuk tetap waspada potensi hujan lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara, terutama di kawasan Pantai Barat," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza di Medan, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Pada malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari berpeluang hujan ringan di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Labuhanbatu Utara, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Asahan, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 16,0 hingga 32,0 derajat Celcius, kelembapan udara: 60 – 95 persen, angin berhembus dari Barat Daya – Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(ar)