BMKG: Sejumlah Kota Besar di Indonesia Akan Diselimuti Cuaca Cerah pada Kamis

Ilustrasi: Cuaca di Monumen Nasional (Monas) Pada Siang Hari
Ilustrasi: Cuaca di Monumen Nasional (Monas) Pada Siang Hari


Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah diprediksi menyelimuti langit sejumlah kota-kota besar di Indonesia pada Kamis.

Cuaca di Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Makassar, dan Palembang diprediksi cerah pada siang hari.

Sementara di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, Mamuju, Kendari, Manado, dan Padang diprediksi cerah berawan dan berawan.

Pontianak, Manokwari, dan Medan diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan pada siang hari.

Di sisi lain, BMKG mengimbau masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan pada 27-28 September 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 10-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian selatan, Selat Karimata, Selat Makassar bagian selatan dan perairan Bitung-Kep. Sitaro," katanya.

Gelombang tinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan Kep. Mentawai-barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kep. Nias-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Timur, perairan selatan Bali-P. Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudera Hindia Selatan Banten-P. Sumba.(ra)