Ketum Solmet Sampaikan Tiga Masalah Tanah ke Presiden

Rembug Nasional Solidaritas Merah Putih (Solmet) 2023 di Gedung Putih Tio Ma Convention Center, Kota Bogor, Sabtu (16/9/2023). (foto:gemapos/ant)
Rembug Nasional Solidaritas Merah Putih (Solmet) 2023 di Gedung Putih Tio Ma Convention Center, Kota Bogor, Sabtu (16/9/2023). (foto:gemapos/ant)


Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina menyampaikan tiga masalah tanah di tiga daerah secara langsung kepada Presiden RI Joko Widodo agar penyelesaian ketiga masalah tersebut dapat dibantu.

Silfester ingin Jokowi membantu penyelesaian masalah Rempang Eco Park di Rempang, Batam; Tanah Warga Transmigran Desa Bantahan I, Mandailing Natal; dan Bojong-Bojong, Malaka, Depok (Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia/UIII).

“Kami tidak mau keberhasilan Bapak Presiden ternodai oleh oknum-oknum di bawah kepemimpinan Bapak yang tidak bisa menangani kasus-kasus tanah dengan bijaksana. Kami tidak mau nama baik Bapak Presiden tercoreng,” kata Silfester sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Silfester meminta perhatian khusus Presiden Jokowi untuk membantu penyelesaian sengketa tanah tersebut sehingga masyarakat kecil bisa mendapatkan keadilan haknya.

Dia mengimbau jajaran di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi untuk lebih bijaksana dalam menyelesaikan hak tanah masyarakat.

“Sebenarnya masyarakat Pulau Rempang yang datang menemui kami mengatakan siap mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco Park, asal hak-hak mereka diselesaikan dan 16 kampung adat yang mereka tinggali sejak tahun 1834 tidak digusur tapi ditata,” kata dia.

Begitu pula dengan warga Bojong-Bojong. Menurut dia, pada intinya warga mendukung kebijakan pemerintah asalkan hak ganti rugi diselesaikan dengan baik.

“Hal yang sama juga diminta oleh Warga Ex Transmigran Bantahan I Mandailing Natal yang tanahnya yang diberikan negara tahun 1997,” ucapnya.

Silfester menyuarakan hal itu secara langsung dalam penutup sambutannya pada acara Rembuk Nasional Solmet 2023 di Gedung Putih Tio Ma Convention Center, Kota Bogor, Sabtu (16/9).

Presiden Jokowi menyambut baik aspirasi Silfester. Presiden mengatakan akan turun kelapangan bersama pihak terkait.

“Nanti saya akan turun ke lapangan dan mengajak menteri terkait. Mas Silfer nanti ikut juga, ya,” kata Jokowi ketika diantar Silfester dan Sekjen Solmet Kamaludin menuju Mobil Kepresidenan RI 1 untuk kembali ke Istana Bogor, sebagaimana dijelaskan Silfester dalam keterangan tertulis yang sama. (rk)