Geram! Ini Kata Joe Biden Saat Xi Jinping Tak Hadir di KTT G20

Joe Biden dan Xi Jinping (foto: ant)
Joe Biden dan Xi Jinping (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengaku kecewa karena Presiden China, Xi Jinping, tak akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di India bulan ini.

"Saya kecewa, tapi saya akan bisa bertemu dia," ujar Biden, seperti dikutip AFP, Minggu (3/9).

Meski demikian, Biden tak menjabarkan lebih lanjut maksudnya ketika mengatakan akan dapat bertemu dengan Xi.

Pertemuan antaraBiden dan Xi di ajang internasional selalu menjadi perhatian besar, terutama karena hubungan bilateral kedua negara merenggang.

Ketegangan kedua negara ini dipicu sejumlah masalah, mulai dari perang dagang, Taiwan, hingga peningkatan kehadiran China di Laut China Selatan.

AS sebenarnya sudah berupaya untuk memperbaiki relasi dengan mengirimkan sejumlah pejabat senior ke China dalam beberapa bulan belakangan.

Sejumlah pihak di AS pun berharap Biden dapat bertemu dengan Xi di sela KTT G20 di New Delhi pada 9-10 September mendatang.

Namun pada Kamis pekan lalu, seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan bahwa Xi tak akan menghadiri KTT G20. China akan diwakili oleh Perdana Menteri Li Qiang dalam pertemuan itu.

Xi sendiri sudah sempat bertemu tatap muka dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, di sela KTT BRICS di Afrika Selatan pada bulan lalu.

Relasi dua negara dengan populasi tertinggi itu sedang terus tegang sejak kericuhan di perbatasan Himalaya yang menewaskan 20 tentara India dan empat personel militer China pada 2020 lalu.

Belakangan, India juga marah setelah China merilis peta terbaru. Dalam peta anyar itu, China memasukkan wilayah di Himalaya yang masih menjadi sengketa dengan India.

Sementara itu, Xi juga tak akan menghadiri KTT ASEAN di Jakarta yang akan digelar pekan ini. Ia juga mengutus Li untuk menghadiri pertemuan tersebut.(da)