Pengisi Suara Asli Mario Versi Games 'Resign' Setelah 30 Tahun

Super mario (foto: istock)
Super mario (foto: istock)


Gemapos.ID (Jakarta) Aktor pengisi suara orisinal karakter Mario, Charles Martinet dilaporkan mengakhiri kerja sama yang telah berlangsung selama 30 tahun dengan karakter Nintendo tersebut.

Menurut keterangan Nintendo, Martinet akan menjadi representatif untuk Mario di berbagai acara internasional dengan tujuan "menyebarluaskan kebahagiaan milik Mario."

"Menjadi suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan Charles untuk membantu menghidupkan Mario selama bertahun-tahun, kami ingin berterima kasih dan merayakannya," tulis Nintendo dalam keterangan resminya.

Perusahaan asal Jepang itu juga mencatat jajaran eksekutif Nintendo beserta desainer Mario, Shigeru Miyamoto, akan segera bergabung dengan Martinet dalam sebuah video dengan pesan istimewa.

Nintendo belum memberikan pengumuman resmi untuk pengganti bagi Martinet. Sementara itu, Martinet telah menyatakan ungkapan terima kasih kepada para penggemarnya dalam periode tiga dekade terakhir.

"Petualangan baru saya dimulai! Kalian semua adalah Numba One di hati saya!!!" tulis Martinet di media sosial dengan tagar #woohoo sebagai pelengkap cuitan bergaya Mario tersebut.

Kiprah Martinet di balik karakter tukang pipa berkumis itu dimulai sejak 1996 melalui video game Super Mario 64.

Suara Martinet bersama Mario kemudian muncul dalam puluhan produk gim populer lainnya seperti Mario Kart Wii (2008), hingga Mario Party Superstars (2021),

Bersama Martinet, Mario dikenal memiliki suara tinggi melengking yang kerap menggunakan falsetto ketika berteriak. Hal itu menjadi bagian integral dari karakter tersebut bersama topi merah dan kumisnya.

Perkenalan Martinet dengan Mario terjadi dalam proses audisi yang dilakukan dengan tidak sengaja oleh Nintendo pada awal 1990-an.

Dalam sebuah wawancara dengan Guinness World Records, Martinet mengatakan bahwa seorang casting director kala itu hanya memberikan perintah sederhana.

"Kamu adalah tukang ledeng keturunan Italia asal Brooklyn untuk perusahaan bernama Nintendo. Nama karakternya adalah Mario. Buatlah suara yang cocok'," kata Martinet mengenang awal kariernya.

Setelah mendapatkan peran tersebut, Martinet mulai spontan mengeluarkan celetukan-celetukan beraksen Italia yang kemudian menjadi ciri khas Mario. Penampilan spontannya ini pun sukses membuat pencipta Mario, Miyamoto terkesan.

Terlepas dari Mario, Martinet juga menyumbangkan suaranya untuk karakter-karakter lain di waralaba gim tersebut, seperti saudara Mario, Luigi, serta para penduduk di Kerajaan Jamur.

Pada sebuah fan expo 2021 lalu, Martinet sempat menyatakan kesiapannya untuk melepaskan peran tersebut jika dia sudah merasa tidak mampu.

"Saya berharap akan masih ada Mario setelah saya pergi," katanya dalam fan expo tersebut, seperti dikutip oleh Game Crater, dilansir melalui Gemapos.

"Bagaimanapun, ada lebih dari 5 juta file audio yang berisikan suara saya untuk Mario. Saya masuk ke studio dan merekam 45 kali setiap suara yang bisa saya pikirkan, jadi saya akan tetap di sini untuk waktu yang lama," kata Martinet saat itu.(da)