Banteng Surabaya Bergerak, Sosialisasikan Ganjar ke Kampung-kampung

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mensosialisasikan Bakal Calon Presiden RI yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo di Kelurahan Dr. Soetomo, Kota Surabaya, Sabtu (19/8/2023). (foto:gemapos/antara)
Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mensosialisasikan Bakal Calon Presiden RI yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo di Kelurahan Dr. Soetomo, Kota Surabaya, Sabtu (19/8/2023). (foto:gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) -  Kader dan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya, Jawa Timur, bergerak serentak keliling kampung, Sabtu (19/8/2023), untuk menyosialisasikan bakal calon presiden yang diusung PDIP Ganjar Pranowo.

Ketua DPC PDI Perjuangan Adi Sutarwijono mengatakan kader PDIP berkunjung dari rumah ke rumah warga dengan membawa stiker, kaus, dan alat peraga lain untuk memperluas dukungan bagi bakal capres Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

"Hari ini kami turun serentak untuk memperluas basis suara Mas Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan untuk Pemilu 2024," kata Adi Sutarwijono, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya itu.

Adi sendiri mengaku bergerak keluar masuk kampung padat penduduk di Kelurahan Dr. Soetomo. Dimulai dari Posko Pandegiling yang historis bagi PDI Perjuangan, Adi turun bersama Aura Dewangga, putra almarhum Whisnu Sakti Buana, cucu almarhum Ir. Sutjipto, Sekjen DPP PDIP 2005-2010.

Sedangkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turun di Kampung Dukuh Menanggal dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji kawasan kampung di Kelurahan Darmo.

Seluruh anggota DPRD dari Fraksi PDIP dan 50 calon legislatif DPRD Kota Surabaya dari PDI Perjuangan turun ke masyarakat dengan kekuatan masing-masing. Para politisi banteng moncong putih itu menggerakkan kemampuan mereka, termasuk seluruh jajaran pengurus PDIP di tingkat kecamatan, kelurahan, dan pengurus anak ranting setingkat RW bergerak serempak di 31 kecamatan di Kota Surabaya.

"Saya, Mas Eri Cahyadi, Cak Armuji, para anggota DPRD, semua caleg PDI Perjuangan, dan kekuatan struktural kader banteng 'all out' turun dan bergerak menyapa masyarakat akar rumput. Serentak dan kompak, bergotong royong menangkan Mas Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan," kata Adi.

Menurutnya, gerakan "door to door" itu terus dilakukan kader-kader PDI Perjuangan Kota Surabaya hingga hari H coblosan pemilu, 14 Februari 2024. Hal itu sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kami semua jalankan dengan semangat bergelora untuk kemenangan Pemilu 2024, yakni terus-menerus bergerak di tengah-tengah rakyat," ujarnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (pu)