Pak Midun Sudah Sampai Jakarta, Akankah Keadilan Kanjuruhan Diraih?

Pak Midun (foto: twitter/panditfootball)
Pak Midun (foto: twitter/panditfootball)


Gemapos.ID (Jakarta) Miftahuddin Ramly (52) alias Pak Midun, warga Kota Batu, Malang Raya, Jawa Timur tersebut memang tengah menjadi buah bibir masyarakat karena aksinya yang nekat menggowes sepedanya dari Stadion Kanjutuhan Kabupaten Malang menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta.

Ia berangkat dari Malang pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 siang. Tidak hanya sekadar mengayuh sepeda, ia juga tampak ditemani oleh sebuah keranda dengan kain hitam bertuliskan “Justice For Kanjuruhan” dan “Football Without Violence”. Termasuk juga ada angka “135” sebagai simbol jumlah korban meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Dikutip dari akun Twitter @panditfootball, saat ini Pak Midun sudah tiba di Jakarta. Pada Minggu malam tadi, ia sudah sampai di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Pak Midun adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Staf di Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Batu, Malang Raya, Jawa Timur.

Dalam penjelasannya beberapa waktu yang lalu, Pak Midun berujar bahwa ekspedisinya naik sepeda Malang-Jakarta itu adalah bagian dari pengingat kepada semua stakeholder bahwa insiden di Stadion Kanjuruhan jangan sampai dilupakan.

“Kita tidak boleh melupakan dan tidak mengulangi tragedi pahit itu. Maka dari itu, ekspedisi ini akan melewati sejumlah stadion. Finish-nya di Stadion GBK,” kata Pak Midun.(da)