Sebanyak 57 Personel Brimob Polda Riau Berhasil Padamkan Karhutla di Rokan Hilir

Sebanyak 57 personel Brimob Polda Riau telah memadamkan api akibat Karhutla di Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Riau (foto: ant)
Sebanyak 57 personel Brimob Polda Riau telah memadamkan api akibat Karhutla di Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Riau (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta)- Sebanyak 57 personel Brimob Polda Riau telah memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di di Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

"Api sudah padam namun sejak Selasa (8/8) sampai Rabu (9/8) petugas Brimob tetap berada di lokasi untuk memastikan lahan bekas kebakaran sudah dingin dan api benar-benar padam," kata Dansat Brimobda Riau Kombes Pol. Ronny Lumbaun Gaol, dalam keterangannya kepada media, Rabu.

Ronny mengatakan sebanyak 57 personel yang turun memadamkan karhutla tersebut berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) dibekali dengan peralatan lengkap sesuai instruksi Kapolda Riau, bahwa upaya pemadaman karhutla harus dilakukan dengan cepat tanggap, dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Sedangkan sebanyak 57 personel yang turun dibagi pada dua lokasi kebakaran yakni di Kepenghuluan Sungai Pinang dan Kepenghuluan Tanjung Leban, Kecamatan Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rohil.

"Para personel sebelum turun lapangan mendapat perlengkapan peralatan yang dimiliki oleh Satbrimobda Riau, yakni mesin air, selang hisap, mesin mini strike, dan beberapa perlengkapan lain, disamping itu beberapa kendaraan taktis yakni kendaraan taktis maung, truk, bus dan sepeda motor untuk menjangkau titik tertentu," katanya.

Ia menyebutkan upaya pemadaman bersama-sama dengan petugas gabungan, Polres, TNI, Manggala Agni dan lain lalin. Api berhasil dipadamkan namun demikian berharap semua pihak dapat mendukung kerja keras personel di lapangan.

"Kita berharap turun hujan sehingga bara api tersisa akibat karhutla benar benar padam," kata Ronny.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, pada Rabu (9/8) yakni hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi di wilayah setempat.

"Hujan akan mulai mengguyur Riau pada siang hari dan malam hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Sanya Gautami.

Ia menyebutkan pada siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan bersifat lokal di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar dan Kota Pekanbaru. Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis.

"Potensi yang sama juga bisa terjadi di Kabupaten Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai. Kemudian, dini hari tak ada hujan, cuaca cenderung cerah berawan," katanya.

Suhu udara Riau Rabu (9/8) berada di angka 24.0 – 34.0 °C dengan kelembapan Udara 55-96 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10–25 km/jam. Sedangkan prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01-0.75 meter.(pa)