Rafael Alun Ogah Bayar Restitusi David Ozora, Berikut Alasannya

Rafael Alun Trisambodo (foto: Twitter/Rafael Alun Trisambodo)
Rafael Alun Trisambodo (foto: Twitter/Rafael Alun Trisambodo)


Gemapos.ID (Jakarta) Mantan Pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, menolak menanggung pembayaran restitusi terhadap Cristalino David Ozora (17) yang merupakan korban penganiayaan oleh anaknya, Mario Dandy Satriyo (20). Rafael mengatakan restitusi harus dibayar sendiri oleh pelaku.

"Selanjutnya tentang restitusi, yang disampaikan pihak keluarga korban melalui Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, menjadi keputusan keluarga kami, apabila nanti ada putusan dalam hukum anak kami Mario Dandy Satriyo untuk membayar restitusi, maka kami mohon agar dapat diputus sesuai hukum yang berlaku, yang utama terkait kesediaan kami sebagai orang tua untuk menanggung restitusi," kata kuasa hukum Mario, Nahot Silitonga saat membacakan surat dari Rafael Alun dalam persidangan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023).

Dia mengatakan Mario Dandy sudah dewasa. Rafael Alun menyebut pembayaran restitusi harus dibayar sendiri oleh pelaku pidana yang telah dewasa.

"Kami menyampaikan bahwa dengan berat hati kami tidak bersedia untuk menanggung restitusi tersebut, dengan pemahaman bahwa bagi orang yang telah dewasa maka kewajiban membayar restitusi ada pada pelaku tindak pidana," ujarnya.

Rafael juga menjelaskan asetnya sudah disita KPK dalam kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dia mengaku tak mampu memberi bantuan biaya kepada David.

"Bahwa benar sikap kami pada awal kejadian perkara ini berhendak membantu tanggungan biaya pengobatan korban, sehingga kami memberanikan diri untuk menawarkan bantuan biaya pengobatan korban, namun saat ini kami mohon untuk dipahami kondisi keuangan teraktual keluarga kami, yaitu sudah tidak ada kesanggupan serta tidak memungkinkan untuk memberikan bantuan dari segi finansial. Aset-aset kami sekeluarga dan rekening sudah diblokir oleh KPK dalam rangka penetapan saya sebagai tersangaka sebuah tindak pidana dugaan gratifikasi," ujarnya.(da)