Singgung Royalti, Once Berharap Ganjar Perhatikan Industri Musik Indonesia

Acara Gercep Bareng Kreator di Saung Berkah, Kabupaten Bogor (foto: ant)
Acara Gercep Bareng Kreator di Saung Berkah, Kabupaten Bogor (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Penyanyi Once Mekel menyampaikan aspirasi agar bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memberi perhatian dan kepedulian terhadap insan musik Indonesia. Hal itu Once sampaikan saat berdialog dengan Ganjar Pranowo di acara Gercep Bareng Kreator di Saung Berkah, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/7).

"Kami berharap ada dukungan terhadap performer dan pencipta lagu," kata Once.

Mantan vokalis Dewa 19 itu menyebutkan terkait royalti menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan pemerintah. Ia juga berharap agar ada satu sistem yang terbangun terkait industri musik di Tanah Air.

Dia menjelaskan saat ini sudah ada perangkat untuk memantau lagu, yakni Sistem Informasi Musik dan Lagu (SILM) yang perlu diberdayakan. Perangkat tersenut sejatinya sudah ada di era Jokowi. Namun, Once berharap jika Ganjar terpilih nanti akan lebih baik lagi.

"Saya percaya Pak Ganjar gercep," ucap Once.

Dia pun menyinggung Pusat Data Lagu dan atau Musik (PDLM) yang diluncurkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami berharap ini menjadi perhatian pemerintah agar bisa dirasakan manfaatnya oleh insan musik Indonesia," ujar Once.

Mendengar aspirasi itu, Ganjar mengatakan karena sudah ada yang mengatur maka saat ini bagaimana agar bisa berjalan dengan baik. Termasuk dengan melakukan uji coba penerapannya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan memiliki komitmen terhadap musisi Indonesia termasuk para musisi jalanan. (oho)