Berikut 3 Pantangan yang Dipercaya Tak Boleh Dilakukan Saat Malam 1 Suro



Gemapos.ID (Jakarta) Malam 1 Suro menjadi salah satu hari yang paling dinantikan bagi masyarakat Jawa. 1 Suro sendiri merupakan tanggal tahun baru pada kalender Jawa. Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Sementara dalam kalender Masehi, 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu (19/7/2023), yang berarti malam 1 Suro jatuh pada Selasa (18/7/2023). Malam 1 Suro sendiri diperingati pada malam setelah magrib pada hari sebelum tanggal 1 Suro.

Pasalnya dalam kalender Jawa, pergantian hari dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam sebagaimana pergantian hari dalam kalender Masehi.

Seperti yang kita tahu, peringatan malam 1 Suro sangat lekat dengan budaya Jawa. Berbagai daerah di Jawa seperti misalnya di Solo, Jawa Tengah, malam 1 Suro diperingati dengan tradisi arak-arakan atau kirab hewan kerbau yang bernama kebo bule atau Kebo Kiai Slamet.

Selain Solo, Keraton Yogyakarta juga memiliki ritual malam 1 Suro. Bedanya, kirab malam 1 Suro di Keraton Yogyakarta membawa gunungan tumpeng, keris, dan benda pusaka lain.

Selain berbagai ritual yang dilakukan, rupanya ada pula larangan malam satu suro yang dipercaya tak boleh dilakukan saat malam 1 Suro. Berikut ini telah Liputan6.com rangkum berbagai larangan yang dipercaya tak boleh dilakukan di malam 1 Suro:

1. Tidak Boleh Keluar Rumah Saat Malam 1 Suro

Bagi masyarakat Jawa ada pantangan untuk keluar rumah di malam 1 Suro. Hal ini lantaran pada malam itu beberapa orang percaya ada energi buruk yang bisa membawa kesialan bagi siapa saja yang keluar rumah. Itu mengapa ada larangan untuk menghindari keluar rumah saat tengah malam pada 1 Suro guna menjaga keselamatan dan menghindari kemungkinan bertemu dengan hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Tidak Boleh Bicara atau Berisik

Selain keluar rumah, ada pula larangan untuk berbicara atau berisik di malam 1 Suro. Tak heran jika pada malam 1 Suro, tidak sedikit orang Jawa melakukan ritual bisu. Ritual ini sering kali dilakukan di area Keraton Yogyakarta. Selain itu ketika melakukan ritual ini, dilarang makan, minum, bahkan merokok. Masyarakat juga dilarang untuk berbicara tentang hal yang buruk yang dianggap dapat memicu kesialan. 

3. Tidak Boleh Menggelar Pernikahan

Pantangan selanjutnya ialah menggelar pernikahan di malam 1 Suro. Pasalnya menikah di bulan Suro, terutama pada malam 1 Suro diyakini berpeluang akan mendapatkan kesialan. Namun meskipun demikian, menikah di bulan Suro tidak pernah dilarang dalam agama Islam. Pasalnya dalam agama Islam sendiri, seluruh tanggal, bulan, dan waktu kapanpun merupakan waktu yang baik untuk menggelar pernikahan.

4. Dilarang Pindah Rumah

Larangan malam 1 Suro berikutnya ialah tidak diperbolehkan untuk pindah rumah. Masyarakat Jawa percaya bahwa pada malam 1 Suro tidak boleh untuk pindah rumah sebab, nantinya orang yang pindah rumah saat 1 Suro dipercaya akan mengalami kesialan.(da)