Kulik Final Liga Champion 2023

Gemapos.ID (Jakarta) Manchester City dan Inter Milan akan bertarung di final Liga Champions musim ini. Langkah Man City ke final dipastikan setelah menyingkirkan juara bertahan Real Madrid dengan kemenangan telak 4-0 di leg kedua semifinal di Etihad.

Sedangkan Inter meraih kemenangan agregat 3-0 atas rival sengit AC Milan. Hasil ini membawa Inter kembali ke final untuk pertama kalinya sejak meraih Treble pada 2009-10.

Kapan final Liga Champions 2023?
Final Liga Champions 2023 akan berlangsung pada hari Sabtu, 10 Juni pukul 22.00 waktu setempat atau Minggu (11/6/2023) dini hari pukul 02.00 WIB.

Tanggal ini lebih lambat dari pertandingan musim lalu, yang diadakan pada 28 Mei. Penyebabnya karena adanya perubahan kalender sepak bola domestik lantaran adanya Piala Dunia yang diadakan pada November dan Desember lalu di Qatar.

Di mana final Liga Champions 2023 akan digelar?

Turki akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2023, dengan pertandingan yang akan digelar di Ataturk Olympic Stadium di Istanbul.

Stadion ini dibuka pada tahun 2002, awalnya dibangun sebagai bagian dari upaya Turki untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2008, yang pada akhirnya diberikan kepada Beijing, Tiongkok.

Sebagai kandang bagi tim nasional Turki, ini akan menjadi kedua kalinya stadion ini menyelenggarakan final Liga Champions, setelah sebelumnya menjadi lokasi pertandingan epik tahun 2005 antara AC Milan vs Liverpool. Dikenal sebagai Keajaiban Istanbul, The Reds bangkit dari ketertinggalan 0-3 dan mampu menyamakan menjadi 3-3. Setelah itu Liverpool menjadi juara setelah menang 3-2 dalam adu penalti.

Istanbul telah dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah pada tahun 2020, sebelum pandemi virus corona menyebabkan pertandingan dimainkan di Estadio da Luz di Lisbon, Portugal.

Kemudian pada tahun 2021, pertandingan tundasekali lagi dipindahkan ke Portugal, kali ini ke Estadio do Dragao di Porto.

UEFA menyatakan bahwa kapasitas stadion lebih dari 75.000 orang, dengan nama stadion yang diambil dari nama Mustafa Kemal Ataturk - presiden pertama Turki.

Siapa Wasit Final Liga Champions?

Szymon Marciniak ditunjuk untuk memimpin laga final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan di Istanbul, 10 Juni mendatang.

Marciniak sudah tidak asing lagi dengan pertandingan besar setelah memimpin laga Final Piala Dunia 2022 antara Prancis dan Argentina pada bulan Desember lalu.
(da)