Begini Pesan Megawati Kepada Gibran

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) dan Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). (ant)
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) dan Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan banyak pesan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka selama proses pemanggilan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

"Tadi kami sampaikan pesan Ibu Megawati Soekarnoputri kepada Mas Gibran bahwa berpolitik itu membangun peradaban, berpolitik itu merawat pertiwi, berpolitik itu juga harus mewaspadai berbagai manuver politik, karena tujuan politik itu adalah bergerak ke bawah, jadi memberdayakan rakyat turun ke bawah bersama rakyat," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin.

Pemanggilan Gibran oleh DPP PDIP sebagai buntut pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat (19/5) malam.

Menurut Hasto, pemanggilan Gibran merupakan hal lumrah yang dilakukan DPP PDIP demi meluruskan berbagai isu miring berkaitan dengan peta politik menuju Pemilu 2024.

"Prinsipnya ini adalah pertemuan antara DPP partai dengan kader partai untuk berdialog dan meluruskan berbagai hal yang seringkali apa yang diberitakan dan kenyataan berbeda karena begitu banyak kepentingan dan framing dan penjelasan Mas Gibran komprehensif," katanya.

Sementara itu, Gibran mengakui sudah menjelaskan semua kronologi terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto.

"Saya sudah menjelaskan kronologi dari A sampai Z terkait pertemuan kemarin dan alhamdulillah beliau-beliau dapat memahami itu," ucapnya.

Gibran mengucapkan terima kasih kepada semua nasihat dari elite PDIP. Dia juga menegaskan tetap tegak lurus dengan kebijakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait Pilpres 2024.
 
"Sekali lagi terima kasih untuk masukan dan nasihatnya dan sekali lagi saya sebagai kader PDIP, sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu ketua umum," tuturnya.
 
Sebelumnya, Gibran memenuhi panggilan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin, untuk memberikan klarifikasi soal pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA, Gibran tiba di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta Pusat, pukul 10.28 WIB, dengan didampingi seorang ajudan bernama Yusuf. Ia datang menaiki Kijang Innova Hitam dengan nomor polisi B 1072 ZF.
 
"Iya, benar (Gibran datang) sendiri dengan satu orang ajudan," kata Yusuf. (pu)