Imbas Buang Medali Perak, Pemain Asal Thailand Ini Dilarang Tampil Seumur Hidup di SEA Games

Gemapos.ID (Jakarta) Gara-gara buang Medali Perak, bek kontroversi asal Thailand ini dilarang tampil seumur hidup dari SEA Games memang menarik untuk dibahas. Ajang olahraga dua tahunan antar negara ASEAN kembali menjadi sorotan.

Ya, masih di euforia laga final sepakbola antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa 16 Mei 2023 malam WIB. Selain serangan mendadak dari ofisial skuad Gajah Perang ke staff pelatih skuad Garuda, rupanya salah satu bek Thailand juga melakukan hal yang kontroversi.

Pemain timnas Thailand itu adalah Jonathan Khemdee. Dari video yang beredar saat penyerahan medali dan boneka maskot SEA Games 2023, pemain 21 tahun itu membuang kedua barang tersebut ke arah tribun penonton.

Tentunya aksi Jonathan Khemdee ini dinilai tak menghormati dan menghargai pencapaian skuad Gajah Perang di event tersebut. Alhasil, bek Ratchaburi itu mendapat hujatan dari publik Kamboja, Indonesia, dan juga Thailand.

Setelah viral, pemain keturunan Denmark itu akhirnya buka suara mengenai insiden pelemparan medali perak SEA Games 2023 yang dilakukannya. Jonathan mengaku tindakannya tersebut sebagai bentuk terima kasih kepada suporter Thailand.

Jonathan Khemdee pun membuat klarifikasi melalui akun Instagram resmi miliknya @jkhemdee17.

"Halo semuanya. Saya memberikan medali perak dan boneka kepada para penggemar, karena saya ingin berterima kasih kepada penggemar yang datang untuk mendukung saya di SEA Games lalu," tulis Jonathan, Sabtu (20/5/2023).

"Saya tidak berniat untuk tidak menghormati kompetisi dan medali yang telah saya menangkan. Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya," sambung pemain nomor punggung empat tersebut.

Rupanya aksinya ini menuai respon dari pihak manapun. Jonathan pun diketahui sudah diberi sanksi oleh Komisi SEA Games.

 
 

Jonathan dilarang untuk bermain di SEA Games seumur hidup setelah menunjukkan aksinya membuat medali dan boneka maskot.

"Asosiasi Sepak Bola telah mengeluarkan permintaan maaf publik atas insiden yang terjadi di final Sea Games 2023 di Kamboja. Jonathan Khemdee telah diberitahu Komisi Sea Games bahwa dirinya telah dilarang bermain di Sea Games selama sisa hidupnya setelah menunjukkan sikap yang tidak pantas dengan melempar maskot dan medali," tulis Admin CN.10 di Facebook pada Selasa (16/5/2023).

Atas kejadian itu pun sang bek profesional diketahui rehat dari laga internasional selama dua hingga 3 tahun kedepan.(da)