Operasi Ketupat Maung 2023, Polres Pandeglang Amankan Tujuh Pelaku Pungli di Kawasan Wisata

Satgas Gakum Operasi Ketupat Maung 2023 Polres Pandeglang mengamankan tujuh pelaku pungutan liar (Pungli) di kawasan lokasi wisata
Satgas Gakum Operasi Ketupat Maung 2023 Polres Pandeglang mengamankan tujuh pelaku pungutan liar (Pungli) di kawasan lokasi wisata

Gemapos.ID (Jakarta) - Satgas Gakum Operasi Ketupat Maung 2023 Polres Pandeglang mengamankan tujuh pelaku pungutan liar (pungli) di kawasan wisata.

"Kami melaksanakan penindakan dan penertiban terhadap perbuatan pungli dan mengamankan para pelakunya,'' ujar Kasat Reskrim Polres Pandeglang AKP Shilton, Rabu.

Satgas Gakum ini melakukan penindakan terhadap ketujuh pelaku ini pada Selasa (25/4) di dua titik dalam satu kawasan wisata.

Titik pertama di pintu masuk utara pantai Karangsari dan lokasi kedua di pintu selatan Pantai Karangsari Desa Sukarame, Kabupaten Pandeglang.

Menurut dia, modus yang pelaku lakukan dengan memberikan karcis masuk yang tidak masuk dalam pendapatan asli daerah (PAD).

Padahal, Pantai Karangsari tersebut masih dalam kawasan milik Pemda Kabupaten Pandeglang dengan tarif parkir masuk bus besar sebesar Rp800.000, bus kecil Rp600.000, Minibus/ Elf 400.000, R4 100.000, dan Rp25.000 untuk sepeda motor.

"Kami mengamankan tujuh pelaku pungli itu, berdasarkan laporan masyarakat," katanya menegaskan.

Menurut dia, tim Satgas Gakum juga telah mengamankan uang hasil pungli sebesar Rp 2.474.000 dari pintu masuk utara Pantai Karangsari.

Sementara untuk lokasi pintu masuk selatan Pantai Karangsari telah disita barang bukti berupa uang sebesar Rp 2.045.000 beserta karcis retribusi.

''Pengelola Pantai Karangsari Carita dan barang bukti dibawa ke Polres Pandeglang untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Shilton.

Sementara itu, sejumlah wisatawan kawasan Pantai Carita mengapresiasi aparat kepolisian setempat dalam menindak para pelaku pungli tersebut.

Mereka pelaku pungli itu tentu harus diberikan tindakan tegas, karena hanya menguntungkan diri sendiri.

"Kami sangat setuju aparat penegak hukum itu melakukan pengamanan terhadap pelaku pungli," kata Nurohman, wisatawan dari Bogor,Jawa Barat.(pu)