Selama Libur Lebaran, Ratusan Personel Gabungan Akan Terus Amankan Margasatwa Ragunan

Sejumlah personel Polsek Pasar Minggu bersiap mengamankan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Selasa (25/4/2023)
Sejumlah personel Polsek Pasar Minggu bersiap mengamankan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Selasa (25/4/2023)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak ratusan personel gabungan mengamankan Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan selama libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami mengerahkan sebanyak 391 personel gabungan yang terdiri dari Polda Metro Jaya hingga Polsek Pasar Minggu," kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Rusit Malaka saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Rusit menuturkan pengamanan dilakukan para personel sejak Minggu (23/4) hingga sepekan ke depan pada Minggu (30/4).

Personel juga berjaga di pos pelayanan Ketupat Jaya 2023.

Dalam pengamanan tersebut, polisi juga mengenalkan program Polda Metro Jaya yakni Hello Polisi 110 yang dibantu pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan kepada pengunjung.

"Laporan hari ini ada dua anak yang nyasar dan sudah dikembalikan ke orangtuanya dengan bantuan anggota Polsek Pasar Minggu," tambahnya.

Pada hari keempat Lebaran atau Selasa hingga pukul 15.00 WIB, terdata jumlah pengunjung sebanyak 106.033 orang yang membeli tiket daring maupun luring, 38 unit sepeda, 13.439 unit kendaraan roda dua, 4.871 unit kendaraan roda empat, dan 67 unit bus.

Sebelumnya, Polsek Pasar Minggu mengerahkan sejumlah personel untuk mengatur arus lalu lintas hingga rekayasa guna mengurai kepadatan akibat jumlah pengunjung yang membludak.

"Tadi untuk di pintu utama sudah sempat stuck tadi sekitar jam 09.00 WIB lebih sedikit, tadi sempat kita arahkan ke pintu barat mengingat kita koordinasi untuk di pintu barat masih terkendali, pintu utama sudah berat, jadi kita alihkan ke pintu barat," kata Kanit Lantas Pasar Minggu AKP Supriyatno, di Jakarta, Minggu.

Selain itu, Supriyatno mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menerapkan pengaturan arus lalu lintas jika kepadatan antrean kendaraan mulai ramai dari lampu lalu lintas Jalan Harsono RM atau perempatan depan kantor Kementerian Pertanian.

"Kita rekayasa lalu lintas kalau untuk di pintu utama kalau ke dalamnya padat, sebagian kita arahkan ke pintu barat untuk alih arus. Nanti kalau padatnya sudah sampai ke lampu merah pertanian, nanti rekayasanya di lampu merah pertanian," ujarnya.(ap)