Jelang Idul Fitri 1444 Hijriah, Jalur Puncak Bogor Terpantau Lengang

Kondisi lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023)
Kondisi lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jalur Puncak tepatnya di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau lengang dari kendaraan di kedua arah pada Jumat sore atau H-1 Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pantauan ANTARA, tak ada antrean kendaraan dari Ruas Tol Jagorawi menuju Jalur Puncak baik melalui Gerbang Tol Puncak maupun Gerbang Tol Ciawi, begitu pula arah sebaliknya.

Adapun kepadatan kendaraan terjadi di satu titik, yakni Pasar Cisarua. Kepadatan di titik tersebut menyebabkan antrean kendaraan di kedua arah, ke arah atas mulai dari Grand Ussu, sementara ke arah bawah mulai dari Simpang Taman Safari (TSI).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata memprediksi kepadatan di jalur penghubung Bogor-Cianjur itu baru akan terjadi pada hari H Idul Fitri siang hari hingga beberapa hari setelahnya.

Pasalnya, Puncak bukan merupakan jalur yang banyak dilintasi para pemudik melainkan jalur favorit masyarakat untuk mengisi liburan bersama keluarga.

"Beberapa kali kita lihat ada masyarakat yang menggunakan mobil dengan barang di atasnya. Namun untuk jumlahnya masih terkendali, belum ada peningkatan signifikan," ujarnya.

AKP Dicky menyebutkan bahwa Satlantas Polres Bogor justru memiliki fokus lain dalam penanganan lalu lintas menjelang Lebaran 2023, yakni jalur di wilayah barat Kabupaten Bogor yang kerap terjadi kemacetan.

"Selain Jalur Puncak, kita ada jalur lain yang menjadi perhatian, yaitu Jalur Bogor-Dramaga-Leuwiliang. Di mana menjadi pusat kemacetan di Dramaga. Selain itu, di jalur alternatif Jonggol kita juga menyiagakan tiga pospam di sana dengan alat berat dan mobil derek," papar Dicky.

Ia menjelaskan sedikitnya ada 2.700 personel gabungan yang disiagakan untuk terlibat pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di wilayah Kabupaten Bogor. Sebanyak 200 personel di antaranya siaga di Jalur Puncak.

"Pospam kami bangun ada 20 yang disebar di Kabupaten Bogor, kalau di Puncak sendiri ada tiga pospam," jelasnya.(ar)