Kapolda Banten Apresiasi Arus Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak Lancar

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Rudy Heriyanto (tengah) meninjau arus mudik lebaran 2023 Pelabuhan Merak berjalan lancar
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Rudy Heriyanto (tengah) meninjau arus mudik lebaran 2023 Pelabuhan Merak berjalan lancar

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Rudy Heriyanto mengapresiasi arus mudik Lebaran 1444 Hijriah Pelabuhan Merak berjalan lancar, meski terjadi kepadatan kendaraan.

"Kami melihat arus mudik tahun ini aman dan lancar,"kata Hery Heriyanto saat meninjau dan mengecek langsung Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak dalam keterangan rilis yang diterima ANTARA, di Merak,Rabu.

Dalam kesempatan ini Kapolda Banten secara langsung mengecek loket pejalan kaki dan masuk ke dalam kapal pada saat muat penumpang serta berkomunikasi dan berbincang dengan para pemudik.

Selanjutnya, Kapolda mengecek Dermaga 1 dan 2 serta cek Pos Pengamanan 1.

Rudy mengatakan dirinya sudah mengecek dari mulai jalan tol sampai keluar tol Merak, Cikuasa Atas hingga Dermaga 6 Eksekutif dan arus lalu lintas ramai lancar.

"Mudah-mudahan ini yang kita khawatirkan malam ini padat, namun sekarang Alhamdulillah ramai lancar. Berkat koordinasi yang baik antarlembaga yang ada di sini," kata Rudy.

Rudy juga menjelaskan pelayanan arus mudik tahun ini cukup baik, karena aman dan berjalan lancar.

Mereka pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tanpa terjadi kemacetan baik berada di jalan tol maupun Pelabuhan Merak.

Bahkan,para pemudik juga mengapresiasi atas pengelolaan serta pelaksanaan arus mudik tahun ini.

"Semua ini karena terjadinya koordinasi dengan baik antarinstansi, pemudik juga menyampaikan tidak ada kemacetan selama perjalanan menuju pelabuhan dan cara mendapatkan tiket lebih mudah," ujar Rudy.

Rudi juga menyampaikan untuk mengantisipasi kepadatan yang akan terjadi di gerbang pintu Tol Merak sudah menerapkan dealing system di KM 43 dan KM 68 bertujuan untuk memperlambat arus agar tidak terjadi kepadatan.

Karena itu, pihaknya berharap pelaksanaan arus mudik berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan nanti perkiraan puncak arus mudik bisa berjalan lancar dan kami yang stand by di dini sehat selalu agar dapat melayani masyarakat dengan baik," tambahnya menjelaskan.

Terakhir Rudy memberikan penyampaian imbauan kepada para pemudik yang akan menyeberang Ke Pulau Sumatra dapat menyiapkan tiket dahulu.

Selain itu juga patuhi rambu dan petunjuk petugas di lapangan.

"Hati-hati dan lebih waspada bagi pengemudi kendaraan roda dua karena jalan bersamaan dengan truk," kata Rudy.

Dalam melakukan pengecekan Pelabuhan Merak, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari serta Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif bersama Pejabat Utama Polda Banten.(ra)