TNI AL Gelar Mudik Gratis Pakai Kapal Perang dari Kupang

Mudik Asyik Bareng Penerbangan TNI AL
Mudik Asyik Bareng Penerbangan TNI AL

Gemapos.ID (Jakarta) - Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) menyiapkan satu unit pesawat jenis Casa C-212 untuk mengangkut pemudik secara gratis dari Kupang dengan tema “Mudik Asyik Bareng Penerbangan TNI AL”.

“Ini pertama kali dilakukan di Kupang dengan kuota sekali terbang berjumlah 21 seat atau tempat duduk,” kata Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Dian Supiandi di Kupang, Sabtu.

Dia mengatakan hal ini berkaitan dengan upaya TNI AL dalam membantu pemudik yang ada di wilayah NTT saat hendak balik ke kampung halaman jelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dia menambahkan bahwa pesawat Casa tersebut setiap tahun saat mudik memang sering disiapkan untuk melayani pemudik secara gratis, namun jumlah kursinya terbatas.

Namun untuk wilayah NTT sendiri baru pertama kali ada pelayanan mudik gratis yang digelar oleh Puspenerbal sehingga pesawatnya hanya satu saja dengan jumlah seat juga terbatas.

Untuk penerbangan pertama ujar dia akan dilakukan pada Rabu (19/4) pekan depan dengan rute Surabaya-Mataram-Kupang dan akan langsung kembali dari Kupang-Mataram-Surabaya.

“Karena itu bagi warga NTT khususnya Kota Kupang yang merantau di Surabaya, bisa memanfaatkan jadwal penerbangan Mudik Asik Bareng Penerbangan TNI AL sesuai flyer flight schedule dari Surabaya/Juanda tanggal 19 April 2023,” ujar dia.

Untuk yang dari Kupang sendiri ujar dia, sudah banyak yang mendaftar dan banyak juga yang sudah tidak sempat mendaftar.

Lebih lanjut kata dia, untuk jadwal mudik gratis oleh TNI AL itu sendiri dimulai pada tanggal 19 April pulang pergi (PP) kemudian pada tanggal 20 April, 26 April dan terakhir 27 April.(ri)