Berikut Negara Peserta F1 H2O Danau Toba

F1 H2O (ist)
F1 H2O (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - F1H2O tak lama lagi akan digelar di Balige, Sumatera Utara. Perlombaan ini digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dan dipromosikan oleh H2O Racing.

Melansir dari laman resmi Kemenparekraf gelaran F1H20 dilangsungkan di Danau Toba, pada 24-26 Februari 2023. F1H20 merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1.
Sebagai tingkat tertinggi di kelasnya, F1H20 akan menyuguhkan balap motor air dengan kecepatan tinggi. Rata-rata, motor air yang digunakan pembalap dalam F1H20 memiliki kecepatan 200-240 kilometer per jam.
 
Awalnya F1H20 diadakan pada 1984. Tercatat hingga kini F1H20 telah digelar di 39 negara. Pada tahun 2023, Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah. Dan Danau Toba dijadikan tempat berlangsungnya acara tersebut.
 
 
Dipilihnya Danau Toba menjadi lokasi lomba dikarenakan Danau Toba juga merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang tengah digencarkan pengembangannya oleh pemerintah.
 
Beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah F1 Powerboat di antaranya Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan China.
 
Melansir dari laman resmi F1H20, terdapat enam negara yang akan ikut dalam pertandingan ini. Beberapa negara tercatat memiliki hingga dua perwakilan. Siapa sajakah mereka?
 
Berikut ini enam negara beserta tim asal atau markas tim yang berlaga di Danau Toba nantinya:
 
Uni Emirat Arab/UEA: Abu Dhabi Team, Victory, dan Sharjah Team
 
Prancis: China C Tic Team dan Maverick Racing
 
Italia: Comparato F1 dan Gillman Racing
 
Portugal: F1 Atlantic Team
 
Swedia: Team Sweden
 
Norwegia: Stromoy Racing F1H20 Team