Apa Arti Kartu Putih Dalam Sepakbola, Berikut Penjelasannya

Kartu Putih di Sepakbola (ist)
Kartu Putih di Sepakbola (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sejarah tercipta ketika wasit di Portugal mengeluarkan kartu putih di laga Piala Liga Wanita antara Benfica vs Sporting Lisbon, Sabtu (21/1). Berikut arti dan fungsi kartu putih dalam sepak bola.

Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih untuk Sporting Lisbon dan Benfica pada laga perempat final Piala Liga Wanita di Estadio Da Luz. Ini adalah kali pertama dalam sejarah profesional ada kartu putih yang dikeluarkan wasit.

Kartu putih dikeluarkan wasit Campos pada menit ke-44 setelah anggota tim medis Sporting dan Benfica menolong seorang fans yang pingsan di tribune penonton.

Arti Kartu Putih
Kartu putih digunakan sebagai ganjaran bagi tim atau pemain yang melakukan aksi fair play dalam pertandingan. Berbeda dengan kartu kuning dan kartu merah yang dipakai sejak Piala Dunia 1970, kartu putih bukan untuk memberi hukuman negatif bagi pemain dan tim.

Sejarah Kartu Putih

Kartu putih merupakan inisiatif Lembaga Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong aksi fair play dalam sebuah pertandingan olahraga. Inisiatif itu kemudian diadopsi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) untuk pertandingan sepak bola.

Kartu putih saat ini hanya digunakan dalam pertandingan di bawah kendali FPF. Di luar itu, kartu putih tidak ada dalam laws of the game FIFA yang merupakan peraturan baku sepak bola buatan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB.

Usulan Platini
Menariknya mantan Presiden UEFA Michel Platini sempat menyerukan penggunaan kartu putih pada 2014. Ketika itu Platini mengajukan penggunaan kartu putih sebagai hukuman bagi pemain yang melakukan protes berlebihan terhadap wasit saat pertandingan.

Pemain yang diganjar kartu putih akan mendapat hukuman larangan bermain selama 10 menit. Namun ide Platini itu tidak mendapat dukungan dari para anggota UEFA.(da)