Angka Putus Sekolah Siswa SD Jakarta Tertinggi, Politisi PSI: Menyedihkan

Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). (net)
Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). (net)

Gemapos.ID (Jakarta) - Juru Bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Furqan AMC mengungkap keprihatinannya terhadap angka putus sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di Jakarta.

Provinsi DKI Jakarta menempati posisi tertinggi pertama di Indonesia untuk angka putus sekolah siswa SD tahun 2020/2021 sebesar 0,69 persen.

"Bukan hanya prihatin, tapi bikin sesak dada, menyedihkan, angka siswa SD putus sekolah di DKI hampir empat kali lipat dibandingkan rata-rata nasional, bahkan lebih dua kali lipat dibandingkan Papua dan Papua Barat," kata Furqan dalam keterangannya, Jumat (29/7/2022).

Furqan menyebutkan bahwa angka yang disebutnya berdasarkan data yang dirilis oleh katadata.co.id pada akhir Mei 2022.

Data itu kata Furqan juga menunjukkan, Kalimantan Utara menempati urutan kedua dengan angka putus sekolah murid SD sebanyak 0,42%. Disusul Gorontalo dan Papua Barat dengan angka putus sekolah masing-masing 0,31% dan 0,30%.

Dia menyebut, padahal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta pada tahun 2021 menjadi yang terbesar di Indonesia, yakni sebanyak Rp 62,3 triliun.

"APBD terbesar di Indonesia, kok bisa-bisanya siswa SD yang putus sekolah di DKI (Jakarta) tertinggi di Indonesia?" ucap Furqan.

Selain itu, Anies juga, kata dia merupakan mantan Menteri Pendididikan yang seharusnya mengerti tentang persoalan-persoalan pendidikan di Jakarta dan cara menanganinya.

"Apa sih yang kurang buat DKI? Gubernurnya aja calon Presiden, mantan Menteri Pendidikan pula. Orang-orang pintar bejibun di DKI. Sekali lagi kok bisa angka putus sekolah siswa SD di DKI tertinggi di Indonesia? Ini kan ibu kota!” tegas Furqan. (rk)