2.000 Beasiswa Cendekia Disiapkan Baznas Bagi Mahasiswa, Simak Infonya

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar program beasiswa cendekia bagi 2.000 mahasiswa tidak mampu, berprestasi, dan aktivis muda sebagai bagian pemberdayaan dana zakat yang dikelola lembaga nonstruktural tersebut.

"Kita ingin ikut serta mempersiapkan SDM yang berkualitas, di mana Indonesia akan memasuki kompetisi SDM yang cukup berat di masa mendatang. Kompetisi harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad pada Kamis (21/7/2022). 

Beasiswa Cendekia Baznas 2022 diberikan guna meningkatkan kecerdasan bangsa yang akan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan berguna bagi masyarakat sekitar. Program itu sesuai visi Baznas yakni menyejahterakan umat. 

Hal lainnya adalah mahasiswa yang mustahik (penerima manfaat) yang bisa berkembang menjadi muzaki (pemberi manfaat) setelah menyelesaikan pendidikan.

“Dalam upaya memutus rantai kemiskinan, Baznas mengoptimalkan program pendidikan sebagai salah satu alat untuk memperbaiki kualitas ekonomi sekaligus pendidikan masyarakat yang tergolong miskin," ucap Noor Achmad. 

Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan mengemukakan Baznas berkolaborasi dengan 65 perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selain itu 33 kampus keagamaan di bawah Kementerian Agama (Kemenag) termasuk kampus di bawah ormas Islam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

Persyaratan penerima beasiswa yakni mahasiswa S1/D4 program reguler di kampus mitra Baznas jurusan prioritas seperti komputer, kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi, teknik, akuntansi, statistika, manajemen zakat dan wakaf, komunikasi, dan pendidikan.

Selanjutnya, memiliki prestasi nasional dan internasional, indeks Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00, melengkapi dokumen seperti formulir pendaftaran, KTP dan KK, surat keterangan dari pengurus masjid terdekat, dan transkrip nilai IPK terakhir.

Berikutnya, surat keterangan penghasilan keluarga, surat rekomendasi Baznas setempat, dan mengirimkan esai dengan tema ‘Kontribusiku Menjadi Generasi Zakat’. 

Pendaftaran dibuka secara online mulai 26 Juli 2022-15 Agustus 2022, seleksi berkas 16-25 Agustus 2022, Surat Keterangan (SK) lulus seleksi berkas 31 Agustus, wawancara 1-15 September 2022, verifikasi akhir 29 September 2022, dan SK penerima beasiswa 30 September 2022.

"Bantuan beasiswa pada aspek UKT maksimal sebesar 2,7 juta per semester dan akan diberikan selama empat semester selama berturut-turut," ucap Deputi II Baznas RI Imdadun Rahmat. (ant/moc)