Berikut Penilaian Lembaga Survei atas Elektabilitas PPP Belum Lama Ini

Parameter Politik Indonesia menyarankan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mesti kerja keras agar bisa lolos Pemilu 2024
Parameter Politik Indonesia menyarankan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mesti kerja keras agar bisa lolos Pemilu 2024

Gemapos.ID (Jakarta) - Parameter Politik Indonesia menyarankan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mesti kerja keras agar bisa lolos Pemilu 2024 merujuk hasil survei terbaru elektabilitas partai politik (parpol).

"PPP relatif butuh perjuangan yang signifikan untuk kembali lolos pada Pemilu 2024," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno pada Rabu (13/7/2022). 

Hasil survei nasional yang diperoleh Parameter Politik Indonesia menyebutkan elektabilitas PPP makin menurun. Saat ini elektabilitasnya di peringkat sembilan dengan angka 2,9%. 

 "Kami memberikan pertanyaan kepada responden jika pemilihan umum (pemilu) anggota legislatif pada hari ini, partai apa yang dipilih, “ ujarnya.

 Adi Prayitno mengemukakan parpol yang berada di urutan atas PPP adalah PDI Perjuangan sebesar 19,9%, Partai Gerindra sebesar 12,1%, Patai Golkar sebesar 10,7%, PKB sebesar 9,3%, Partau Demokrat sebesar 8,8%, PKS sebesar 7,6%, NasDem sebesar 6,3%, dan PAN sebesar 4,5%.

Dengan demikian, PPP butuh perjuangan untuk kembali lolos pada Pemilu 2024 lantaran ambang batas parlemen sebesar 4%. 

 Sebelumnya, elektabilitas PPP menempati angka 4,52% dan turun pada survei kali ini menjadi 2,9%. Survei ini dilakukan pada 15-29 Juni 2022 dengan metode telepon. 

 Sampel survei terdiri atas 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan margin of error kurang lebih sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. (ant/din)