KCIC Jelaskan Ini Terkait Viral Girder Kenai Pengendara Motor

KCIC mengatakan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang melintang di atas Jembatan Antelope Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) bisa diteruskan dengan pengawasan penuh
KCIC mengatakan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang melintang di atas Jembatan Antelope Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) bisa diteruskan dengan pengawasan penuh

Gemapos.ID (Jakarta) - Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang melintang di atas Jembatan Antelope Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) bisa diteruskan dengan pengawasan penuh dari kontraktor pelaksana kegiatan.

"Pada prinsipnya warga menyepakati sistem pengaturan lalu lintas dengan tetap memanfaatkan Jembatan Antelope eksisting dan proses pembangunan proyek KCJB dapat berlanjut," kata Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry pada Selasa (15/6/2022). 

Untuk keamanan pengguna jalan yang melintas di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang melintang di atas Jembatan Antelope Kota Bekasi dipasang portal pembatas ketinggian di dua sisi dan lampu penerangan. 

"Kami juga melakukan penjagaan 24 jam dalam tiga sif untuk memastikan warga aman ketika 5melintas," ucapnya. 

KCIC juga memasang media informasi sebagai pemberitahuan bahwa Jembatan Antelope Bekasi hanya dapat dilintasi secara terbatas.

"Jembatan hanya dapat dilintasi oleh kendaraan dengan ketinggian maksimal 1,7 meter seperti sepeda motor dan mobil sedan, dengan pengawasan ketat," ujar Rahadian Ratry. 

Bahan, girder yang di Jembatan Antelope Bekasi adalah girder yang sudah terpasang tidak jatuh seperti yang ramai dibicarakan dalam media sosial (medsos). 

Pembangunan jembatan baru pengganti Jembatan Antelope dipatok selesai pada 10 Agustus 2022 yang diteruskan dengan pengalihan arus lalu lintas ke jembatan baru.

Rahadian Ratry mengutarakan kontraktor pelaksana juga telah melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan warga sekitar sebelum melakukan pemasangan girder di ruas jembatan itu.

"Dari sosialisasi dan komunikasi yang dilakukan dengan warga dan berbagai pihak, disepakati jika Jembatan Antelope eksisting tetap dioperasionalkan secara terbatas dengan sejumlah pengamanan dan pengaturan lalu lintas," ucapnya.

KCIC juga berkoordinasi dengan dinas perhubungan setempat terkait pengaturan lalu lintas selama pembangunan jembatan baru. 

Hal yang dimaksud seperti pengalihan jalur pengendara yang melintas dari Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang atau sebaliknya bisa melalui Overpass Kodam/Kapin.

Pengendara dari Jalan Curug Raya menuju Jalan Kemang Raya dan sebaliknya juga bisa melalui Overpass Kodam/Kapin, begitu pula dengan pengguna jalan dari Jalan Anugerah menuju Kalimalang. (ant/adm)