Berikut Kebijakan Terbaru Melintasi Jalan Tol Japek

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas (lantas) dengan skema contraflow di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai GT Cikampek Utama.
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas (lantas) dengan skema contraflow di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai GT Cikampek Utama.

Gemapos.ID (Jakarta) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas (lantas) dengan skema contraflow di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai GT Cikampek Utama. Kebijakan ini berlangsung mulai Rabu 27 April 2022 pukul 7.36 WIB, 

"Contraflow ini antisipasi arus mudik yang sudah mulai padat," kata Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi pada Rabu (27/4/2022). 

Jasa Marga menanggapi kebijakan contra flow yang dilakukan Korlantas Polri sebagai bagian dari diskresi kepolisian 

Operator ini telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan tiga gardu tol reversible arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk 

Sebelumnya, rekayasa lalu lintas untuk arus mudik dijadwalkan mulai 28 April 2022-1 Mei 2022 berdasarkan puncak arus mudik.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas dengan skema contra flow diberlakukan lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan.

Jika skema contra flow tidak berjalan efektif, maka kepolisian melakukan diskresi dengan menerapkan sistem satu arah, atau ganjil genap di ruas jalan tol. Korlantas Polri telah melakukan uji coba ganjil genap di ruas jalan tol mulai 25 April 2022.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi saat uji coba, karena jumlah kendaraan juga ikut meningkat, ditambah adanya pemutaran kendaraan keluar tol yang terkena uji coba ganjil genap. (ant/mau)