Berikut Jadwal Uji Coba Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek

Jasa Marga mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di jalan tol yang merupakan diskresi Polri pada mudik Lebaran 2022.
Jasa Marga mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di jalan tol yang merupakan diskresi Polri pada mudik Lebaran 2022.

Gemapos.ID (Jakarta) - asa Marga mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di jalan tol yang merupakan diskresi Polri pada mudik Lebaran 2022.

Pasalnya, im merupakan diskresi Kepolisian, sebagai bentuk kolaborasi bersama Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

“Demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan melaksanakan mudik," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru pada Minggu (25/4/2022). 

Jadwal dan lokasi pelaksanaan uji coba telah ditentukan oleh Polri mulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) dengan detail yakni Senin, 25 April 2022 Pukul 11.00-13.00 WIB.

Pelaksanaan ini  berlangsung dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) hingga GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70.

Kemudian, Selasa, 26 April 2022 Pukul 11.00-13.00 WIB mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188.

Selanjutnya, Rabu 27 April 2022 Pukul 10.00-17.00 WIB, dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414.

Dwimawan Heru mengemukakan jika terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi Polri dengan rekayasa lalu lintas contraflow.

Jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way. 

“Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” ucapnya. 

Berbagai pihak terkait berharap masyarakat yang akan melakukan mudik mengetahui informasi ini serta mengikuti jadwal pelaksanaannya, perambuan serta arahan petugas.

Pihak-pihak yang dimaksud adalahKorlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Hubdat Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Jasa Marga. 

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan akibat pelaksanaan rekayasa lalu lintas dimaksud. Kami imbau masyarakat dapat mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan. Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap,” ucapnya. (ant/mau)