Jokowi Berpesan agar Bansos Digunakan untuk Modal Usaha

Presiden Jokowi saat memberi bantuan kepada pedagang di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat
Presiden Jokowi saat memberi bantuan kepada pedagang di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat

Gemapos.ID (Jakarta) - Saat berkunjung ke Pasar Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada masyarakat penerima bantuan sosial (bansos), agar menggunakan bantuan tersebut untuk tambahan modal usaha, bukan untuk membeli barang lainnya seperti telepon genggam (HP).

"Ini untuk apa ibu-ibu? Untuk tambahan modal usaha. Ingat jangan untuk beli HP," kata Jokowi saat memberikan bantuan, hari ini (13/4/2022).

"Nggak, Pak," jawab ibu-ibu yang menerima bantuan tersebut.

Adapun bantuan yang diberikan Presiden, antara lain, Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada para peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Tak hanya membagikan BMK dan BLT Minyak Goreng, Presiden juga memberikan bantuan serupa untuk para pedagang kaki lima dan para pedagang pasar.

Terlihat sejumlah pedagang yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Presiden. Mereka mengaku akan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Buat nambah modal. Terima kasih banyak bantuannya, semoga sehat selalu Pak Jokowi," kata pedagang setelah diberikan bantuan tersebut.

Sementara itu, dalam kegiatan di Pasar Harjamukti tersebut presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Robben Rico, dan Kepala Pasar Harjamukti Suwira.(ant/ap)