Menteri BUMN: Musik Bisa Antarkan Indonesia Mendunia

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri BUMN Erick Thohir mendukung penuh kreativitas anak bangsa yang mengantarkan Indonesia ke panggung dunia, ia meyakini Indonesia yang berkarakter, maju, dan mendunia, dapat terwujud melalui musik.

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir pada akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, hari ini (14/3/2022).

"Saya yakin lewat musik, kita dapat mewujudkan Indonesia yang berkarakter, maju, dan mendunia," kata Erick.

Ia melihat talenta musik Indonesia dari berbagai daerah banyak sekali yang sudah berkarya sampai ke luar negeri.

"Musik adalah milik semua. Salah satunya, band metal asal Garut, Voice of Baceprot. Mereka tiga remaja putri, baru saja melaksanakan konser keliling Eropa pada Desember 2021," katanya.

Selain Voice of Baceprot, ada juga Nurlela, seorang sahabat tuna netra berbakat. Saat ini Nurlela sedang menyiapkan lagu duet dengan Judika. Sebelumnya, Menteri BUMN bertemu dengan Nurlela saat berkunjung ke Cimahi Jawa Barat.

Selain itu, musikus Indonesia juga terus beradaptasi dengan era digital. Melalui NFT salah satunya. Karya para musikus bisa mendapat keuntungan besar.

"Kita harus memastikan bahwa musisi Indonesia mampu untuk terus beradaptasi dengan digitalisasi serta berbagai macam kebutuhan konten audio jaman sekarang," kata Erick.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ingin gim, konten lokal, musik, dan produk dalam negeri lainnya, bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan mengisi pasar media. 

Ia mengatakan, media dalam lima tahun mendatang akan semakin terdigitalisasi, interaktif, tetapi yang penting konten-kontennya bisa diisi oleh orang-orang Indonesia dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri itu yang terpenting karena bukan hanya sebagai pasar medianya, tetapi di dalam pasar medianya itu yang mengisi siapa.(ant/ap)