Jokowi Akan Kemah di IKN, Gubernur Se-Indonesia Bawa Tanah dan Air untuk Kendi Nusantara

Lokasi berkemah presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai
Lokasi berkemah presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Senin, 14 Maret 2022 direncanakan akan berkemah di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebanyak 33 gubernur dijadwalkan hadir ke lokasi berkemah tersebut.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Syafranuddin dalam keterangan resmi, kemarin (12/3/2022). 

"Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara," ujarnya.

Adapun lima gubernur yang berkemah bersama Presiden Jokowi diantaranya, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Diketahui, dalam kegiatan kemah itu, Presiden Jokowi akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Sebelumnya, para gubernur sudah diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal. Tanah dan air dari 33 gubernur itu kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Khusus Gubernur Kaltim Isran Noor, akan membawa tanah dan air dari dua daerah yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. Sebab lokasi Ibu Kota Negara baru itu sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser. Air dan tanah yang dibawa itu sebagai simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

Sementara itu, Syafranuddin mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan pada hari ini (13/3/2022) yaitu, satu hari sebelum kegiatan dan menginap di Balikpapan.

Ia juga mengatakan, hingga saat ini sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan. Beberapa sarana dan prasarana itu meliputi fasilitas mandi, cuci, kakus atau MCK, jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

Selain itu juga ada tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan. 

"Pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan."

Dalam keterangan resmi Syafranuddin menyatakan, prosesi pengambilan tanah dan air untuk pengisian Kendi Nusantara di IKN kemarin sudah berlangsung lancar. 

“Alhamdulillah, prosesi pengambilan tanah dan air dari dua wilayah yang mewakili Kerajaan atau Kesultanan di Kaltim yang dilaksanakan kemarin (13/3/2022) berjalan lancar,” katanya.

Menurut Syafranuddin, Pengambilan tanah dan air di Kukar dan Paser sebagai simbol rakyat Kaltim siap dan akan bekerja keras untuk menyukseskan IKN.

Adapun prosesi pengambilan tanah di Paser berlangsung ritual adat dipimpin SPYM Aji Muhammad Jarnawi SH dan SPYM Muhammad Sultan Alamsyah III.

Sementara pengambilan tanah dan air di Kutai Lama Kukar dilakukan Ketua Adat Kutai Lama Abdul Munir dan disaksikan Camat Anggana Rendra Abadi, Karo Adpim Setda Prov Kaltim Syafranuddin, Kapolsek Anggana AKP Andy Wahyudi serta Kepala Desa Kutai Lama Nurdin.

Tanah dan air yang disimpan dalam tempat khusus dan berbungkus kain kuning lalu dimasukkan ke dalam Anjat (Ransel Khas Dayak). Anjat itu kemudian diserahkan ke Gubernur Kaltim Isran Noor untuk diikutsertakan dalam ritual Kendi Nusantara di IKN.(tmp/ra)