Enam Gubernur Absen dalam Prosesi Kendi Nusantara di IKN

Prosesi Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara
Prosesi Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Gemapos.ID (Jakarta) - Dalam prosesi Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ada sebanyak enam gubernur yang absen. Mereka mengirim wakil untuk menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi pada ritual tersebut.

Adapun kepala daerah yang absen diantaranya, pertama Gubernur Papua Lukas Enembe. Ia mengutus Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu.

Kemudian, Gubernur Banten Wahidin Halim. Ia menugaskan Andika Hazrumy. Selanjutnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman juga absen dan mengutus Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Gubernur Bali Wayan Koster pun tak memenuhi undangan Jokowi. Ia diwakili oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Lalu, Gorontalo juga tak diwakili gubernur. Provinsi itu diwakili Idris Rahim. Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran juga absen dan diwakili Wagub Edy Pratowo.

Dengan begitu, hanya 28 gubernur yang memenuhi undangan Jokowi dan ikut prosesi Kendi Nusantara.

Dalam rangkaian acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi kepala daerah pertama yang menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi. Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menjadi penutup rangkaian.

Dalam prosesi ini tanah dan air dari 34 provinsi diserahkan ke Jokowi. Kemudian, Jokowi menuangkannya ke dalam sebuah kendi. Kendi itu menjadi simbol penyatuan seluruh wilayah Indonesia ke dalam ibu kota negara baru.(cnn/ri)