Danseskoau dan Danpas Gegana Berhasil Menangkan Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2022

Danseskoau Marsda TNI Widyargo Ikoputra dan Komandan Pasukan (Danpas) Gegana Polri Brigjen Pol. Reza Arief Dewanto menjadi pasangan yang berhasil meraih gelar juara lomba menembak kelas pistol dueling plate Piala Danpaspampres 2022
Danseskoau Marsda TNI Widyargo Ikoputra dan Komandan Pasukan (Danpas) Gegana Polri Brigjen Pol. Reza Arief Dewanto menjadi pasangan yang berhasil meraih gelar juara lomba menembak kelas pistol dueling plate Piala Danpaspampres 2022

Gemapos.ID (Jakarta) - Danseskoau Marsda TNI Widyargo Ikoputra dan Komandan Pasukan (Danpas) Gegana Polri Brigjen Pol. Reza Arief Dewanto menjadi pasangan tercepat yang mampu menembak sasaran terbanyak pada kompetisi tembak kelas khusus perwira tinggi TNI/Polri dan berhasil meraih gelar juara lomba menembak kelas pistol dueling plate Piala Danpaspampres 2022 di Lapangan Tembak Perbakin Senayan, Jakarta, hari ini (13/3/2022).

Pasangan Widyargo dan Reza berhasil mengalahkan pasangan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang berpasangan dengan Perwira Tinggi Staf Ahli (Sahli) Tk. II Mabes TNI pada babak final.

Dengan begitu, Dankodiklatad dan Kapuspalad berada di peringkat kedua. Sementara itu, pasangan Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) TNI AL Brigjen TNI Mar. Endi Supardi bersama Wakil Komandan Komando Operasi Khusus (Wadan Koopsus) TNI Brigjen TNI Mar. Supriyono meraih urutan ketiga lomba tembak pistol dueling plate Piala Danpaspampres 2022.

Lomba menembak pistol dueling plate merupakan kategori khusus untuk para perwira tinggi TNI dan Polri pada hari terakhir Piala Danpaspampres 2022. Dalam kategori itu, para perwira tinggi TNI terbagi dalam tim yang terdiri atas dua orang. Peserta masing-masing dibekali amunisi 10 butir yang tersimpan dalam satu magasin.

Dalam pertandingan, peserta diwajibkan menembak 15 sasaran metal plate dan ditutup dengan menembak stopper. Tim yang tercepat menembak seluruh sasaran pun jadi pemenang.

Pada perlombaan tersebut, ada perwira tinggi TNI lainnya yang turut serta, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Dankodiklatau Marsdya TNI Nanang Santoso, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, Kepala BAIS TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, dan Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Selain para perwira tinggi, beberapa pejabat negara dan tamu undangan, pada nomor pertandingan yang terpisah, juga ikut bertanding.

Pejabat negara dan tamu undangan yang berkompetisi, yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Direktur Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Reynhard Silitonga, serta putri presiden ke-2 RI Siti Hediati Hariyadi atau kerap disapa Titiek Soeharto.

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 yang dimulai 10 hingga 13 Maret 2022 tersebut, melombakan 19 nomor pertandingan, di antaranya tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.(ant/ra)