Berikut Tuntutan Bagi Calon Ketua dan Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Calon Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027 diminta menyelesaikan sejumlah persoalan jasa keuangan terutama yang berkaitan dengan pinjaman online.
Calon Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027 diminta menyelesaikan sejumlah persoalan jasa keuangan terutama yang berkaitan dengan pinjaman online.

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027 diminta menyelesaikan sejumlah persoalan jasa keuangan terutama yang berkaitan dengan pinjaman online.

Selain itu persoalan terkait asuransi gagal bayar, memperkuat ekosistem financial technology (fintech), dan membentuk lembaga penjamin polis. 

"DK OJK 2022-2027 juga diharapkan dapat meningkatkan pengawasan sejalan dengan fungsi pengaturannya," kata Pengamat asuransi Irvan Rahardjo pada Senin (31/1/2022). 

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang merupakan Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Periode 2022-2027 telah menetapkan sebanyak 155 nama lolos seleksi tahap I atau seleksi administrasi DK OJK.

"Calon Ketua dan Anggota DK OJK 2022-2027 akan diisi oleh figur-figur dari unsur Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), yakni Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, OJK, dan Lembaga Penjamin Simpanan. Ditambah unsur profesional dari Pasar Modal dan Industri Keuangan Non Bank," ujar Irvan.

Calon Anggota dan Ketua DK OJK yang ditetapkan lulus seleksi adminitrasi antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir, dan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi.

Kemudian, Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mirza Adityaswara, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Bambang Prijambodo, Komisaris Utama PT Finnet Difi Johansyah, hingga Advisor BPJS Ketenagakerjaan Elvyn Masassya. (ant/mau)